4 Ranperda Yang Di Tetapkan DPRD Bolmut, Ini Penjelasan Depri Pontoh !!!

Bolmut,Suaraindonesia1-Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh mengikuti rapat paripurna dalam rangka penetapan 4 RANPERDA Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Penetapan keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten Bolaang Mongondow Utara terhadap 4 (empat) buah rancangan peraturan Daerah itu bertempat di ruang sidang Paripurna DPRD Bolmut.4 ranperda

4 RANPERDA tersebut yaitu sebagai Berikut :

Baca: Dijamu Perantau Minang Sultra, Fadly Amran Bawa Buah Tangan Baju Penganten Minang

1. Rancangan peraturan daerah tentang pengelolaan pasar rakyat;

2. Rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana daerah;

3. Rancangan peraturan daerah tentang kabupaten layak anak; dan

4. Rancangan peraturan daerah tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.4 ranperda

Dalam sambutannya Bupati Bolmut menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, baik secara langsung, maupun tidak langsung atas ditetapkannya rumusan 4 (empat) buah
rancangan peraturan daerah kabupaten Bolmut ini

Terutama kepada seluruh anggota dewan yang terhormat, yang dengan pengorbanan serta curahan pikirannya telah mampu memberikan kontribusi yang sangat berharga dan bermakna.,Uacap Depriranperda

Melalui kesempatan itu pula, bupati Bolmut menjelaskan secara singkat atas 4 (empat) rancangan peraturan daerah tersebut sebagai berikut:

pertama, rancangan peraturan daerah tentang pengelolaan pasar rakyat, substansi dari peraturan ini adalah, pemerintah daerah perlu melakukan pengaturan dan penataan dalam pengelolaan pasar rakyat yang tidak lain bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta menumbuhkan ekonomi kerakyatan.

Pasar rakyat yang dimaksud dalam peraturan daerah ini adalah pasar rakyat yang dibangun, dikuasai atau dimiliki oleh pemerintah daerah yang pengelolaannya menjadi kewenangan pemerintah daerah sebagaimana yang tertuang pada peraturan Menteri Peredagangan Republik Indonesia nomor 21 tahun 2021 tentang pedoman pembangunan dan pengelolaan sarana perdagangan.

Kedua,rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana daerah, bertujuan untuk menjamin terselenggaranya pelaksanaan penanggulangan bencana secara
terencana, terpadu, terkoordinasi, dan menyeluruh dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman resiko dan dampak bencana
sebagaimana yang merupakan amanat dari peraturan pemerintah nomor 21 tahun 2008 tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana;

ketiga, peraturan daerah tentang kabupaten layak anak, tujuan dari peraturan daerah
ini adalah untuk mewujudkan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang menjadi acuan penyelenggaraan di daerah.

Pemerintah daerah berkewajiban dalam membuat peraturan daerah ini,sebagaimana yang di perintahkan pada peraturan Presiden nomor 25 tahun 2021 tentang kebijakan kabupaten/kota layak anak.

Keempat, rancangan peraturan daerah tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. substansi dari peraturan daerah ini yakni pemerintah daerah bertanggung jawab memberikan penyuluhan, menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran masyarakat akan tanggung jawabnya terhadap ketertiban, kebersihan dan keindahan sebagai upaya memelihara ketertiban umum dan melestarikan lingkungan hidup, sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 26 tahun 2020 tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.

Bupati Bolmut berharap, segala upaya yang telah dan akan dilakukan oleh kita semua, dapat menjadi indikator dalam memahami keseriusan pemerintah daerah dalam merespon tuntutan penyelenggaraan pemerintahan yang demokratis, transparan, partisipatif, dan akuntabel., Tutup Depri.

Turut hadir Pj Sekretaris Daerah Bolmut Rachmat R Pontoh SH, M.Si, Kepala Kementrian Agama Bolmut Basri Saenong, M.Pd, Wakapolres Bolmut Kompol. Kerri Utiarahman, Mewakili Kejaksaan Negeri Bolmut, Para Asisten Sekda Bolmut, Para staf ahli dan Staf khusus bupati Bolmut, Piminan OPD, Ketua Bawaslu Bolmut, Mewakili Ketua KPUD Bolmut, Para Camat Serta tenaga ahli fraksi DPRD Bolmut.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -

Related News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.