Exclusive Content:

Distan Mukomuko Rutin Salurkan Bantuan Benih Padi ke Petani

Mengantipasi ancaman krisis pangan global, pemerintah Kabupaten Mukomuko  melalui...

Distan Mukomuko Rehab RPH di Padang Penaek

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu pada tahun...

Ketua PABPDSI Kecamatan Terpilih, Zoelnasti : Saya Akan Kuatkan Struktur BPD (Bamus)

Ketua PABPDSI Kecamatan terpilih : Saya Akan Kuatkan Struktur...
BerandaDAERAHBantu Turunkan Angka Pengangguran, Bupati Saipul Apresiasi Disnakertrans Pohuwato

Bantu Turunkan Angka Pengangguran, Bupati Saipul Apresiasi Disnakertrans Pohuwato

Author

Date

Category

Suaraindonesia1, Pohuwato – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, memberikan apresiasi terhadap kinerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) yang telah membantu pemerintah menuunkan angka pengangguran.

Hal ini disampaikan Bupati Saipul saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan Gebyar SMS di Kecamatan Buntulia, pada Senin (14/11/2022).

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga sat menyerahkan bantuan (Foto: Suaraindonesia1/Hms)

“Langkah yang dilakukan Nakertrans Pohuwato dibawah kepemimpinan Kadis Nizma Sanad sudah telah memfasilitasi sekitar 18 kelompok binaan yang menerima bantuan tenaga kerja mandiri pemula dari Kementerian Ketenagakerjaan tahun 2022 yang diketahui kelompok tersebut telah melalui seleksi lewat laman web Kemenaker, dan dari 18 kelompok yang lolos terdapat sekitar 188 orang,” terang Saipul.

Pada Gebyar SMS di beberapa kecamatan, juga diserahkan bantuan tenaga kerja mandiri pemula oleh pemerintah Kabupaten Pohuwato seperti halnya pada Gebyar SMS di Kecamatan Buntulia yang berlangsung di lapangan buntulia utara.

Bupati Saipul Mbuinga menyerahkan langsung bantuan tenaga kerja mandiri pemula kelompok indeks sebesar Rp. 20 juta untuk satu kelompok, dan berharap agar apa yang diserahkan dapat dimanfatkan dengan sebaik-baiknya.

“Terima kasih buat Kemenaker atas upaya dalam membantu pemerintah untuk mengurangi pengangguran di kabupaten pohuwato. Demikian juga bagi kelompok kiranya bantuan ini dikelola sebaik mungkin dalam rangka pengembangan usaha kedepannya,” harap Saipul.

Sementara itu, Kadis Nakertrans, Nizma Sanad mengatakan di Kabupaten Pohuwato sekitar 18 kelompok binaan menerima bantuan program pembinaan tenaga kerja mandiri pemula dari Kementerian Ketenagakerjaan di tahun 2022 yang nominal bantuan setiap kelompok sejumlah Rp. 20 juta. Sebanyak 18 kelompok ini telah melalui seleksi lewat laman web Kemenaker.

“Jadi, kami (Nakertrans Pohuwato) tidak ikut dalam seleksi ini, karena kelompok tersebut diseleksi oleh Kemenaker melalui laman web mereka. Kami dari dinas hanya memfasilitasi saja,” terangnya.

Lanjut Nizma Sanad, program perluasan kesempatan kerja melalui program tenaga kerja mandiri pemula atau TKM Pemula (Tenaga kerja yang pengangguran dan setengah pengangguran).

Bantuan ini jika dilaksanakan/berkomitmen sesuai juknis, maka akan ada lagi TKM lanjutan untuk penciptaan wirausaha. Program ini diharapkan mampu melahirkan wirausahawan baru yang bisa menyerap tenaga kerja.

“Satu kelompok terdiri dari 10 orang anggota dengan bantuan langsung masuk ke rekening ketua kelompok sebesar Rp 20 juta yang langsung dari Kementerian Ketenagakerjaan. Keahlian atau keterampilan kelompok bervariasi seperti ada yang buat kue, makanan siap saji, kerajinan, salon (kecantikan) dan lain-lain sesuai keterampilan yang dimiliki kelompok, dengan harapan benar-benar dikelola dengan baik,” pungkasnya. (Abd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Recent comments