Exclusive Content:

Pemilik Tanah Ahli Waris, BPN Kabupaten Bogor Diduga Takut Dengan PT Summarecon

Bogor - Persoalan kepemilikan tanah atau Surat Hak Milik,...

Hujan Deras Jembatan Darurat di Mundam Marap Ambruk

Hujan deras dari sore sampai malam, mengakibatkan jembatan darurat...

PT. DDP Dukung Pelestarian Lingkungan Hidup

Perusahaan perkebunan sawit PT Daria Dharma Pratama (PT. DDP),...
BerandaDAERAHBupati Pohuwato Terima Hasil Kajian Sosial Ekonomi Tambang di Buntulia

Bupati Pohuwato Terima Hasil Kajian Sosial Ekonomi Tambang di Buntulia

Author

Date

Category

Suaraindonesia1, Pohuwato – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, menerima hasil kajian pemetaan sosial ekonomi di tambang Kecamatan Buntulia oleh Universitas Negeri Gorontalo (UNG), bekerjasama dengan London School, Senin (21/11/2022).

Hasil kajian ini diserahlan oleh Prof Ermiel Thabrani selaku peneliti dari London School bersama Merissa Monoarfa dari UNG, bertempat di meeting room kantor bupati.

Bupati
Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, menerima hasil kajian soal pertambangan di Buntulia (Foto: Suaraindonesia1/Hms)
Bupati
Bupati Pohuwato, saat berbincang bersama perwakilan UNG dan London School (Foto: Suaraindonesia1/Hms)

Sebagaimana diketahui, pada awal Juni 2022 pihak UNG dan London School telah bertemu Bupati Pohuwato untuk melakukan kajian pemetaan sosial ekonomi di sekitar tambang yang ada di Kecamatan Buntulia yang tujuannya agar terjadi harmonisasi antara perusahaan dan masyarakat khususnya penambang.

Bupati Saipul menyampaikan terima kasih kepada UNG dan London School yang telah selesai melakukan kajian di sekitar tambang yang ada di Buntulia.

“Hasil kajian ini nantinya akan dipelajari pula oleh pemerintah terutama terkait pemetaan sosial ekonomi di sekitar pertambangan tersebut,” kata Saipul.

Diakui pula bahwa penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari UNG dan London School tidak perlu diragukan lagi karena mereka memiliki keahlian dalam penelitian di lapangan, dan apa yang disampaikan ini akan menjadi bahan bagi pemerintah daerah terutama menciptakan harmonisasi antara perusahaan dengan masyarakat khsusunya para penambang.

Bukan itu saja, di sekitar pertambangan tersebut sudah bisa dipetakan potensi atau keahlian dari masyarakat sekitar.

Artinya, bila ada yang memiliki keahlian sebagai petani maka itu harus jadi perhatian pihak perusahaan terutama dalam peningkatan produksinya termasuk memberikan alat pertanian. Karena tujuan utama tidak lain agar warga sekitar tambang lebih sejahtera kehidupannya.

“Ya, dalam riset ini sudah ada terumuskan semua tindak lanjut yang mesti dilaksanakan oleh pemda bersama pihak investor, baik tindak lanjut jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang,” pungkas Bupati Saipul. (Abd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Recent comments