Dandim 1709/Yawa Canangkan Kampung Sarawandori Sebagai Kampung Pancasila.

109

 

Yapen Suaraindonesia1. Id. Berlokasi di Kampung Sarawandori I Distrik Kosiwo Kabupaten Kepulauan Yapen, Letkol Inf Catur Prasetiyo Nugroho,S.IP, M.I.P Komandan Kodim 1709/Yawa secara resmi Mencanangkan Kampung Sarawandori I dan II sebagai Kampung Pancasila mewakili Kota Serui Kabupaten Kepulauan Yapen, Kamis (01/09/2022).

Kegiatan Pencanangan Kampung Pancasila ini, didahului dengan Kegiatan Penyuluhan Tentang Ideologi dan Nilai Pancasila, yang dibawakan langsung oleh Pjs. Perwira Seksi Teritorial Letda Inf Totok Sugiarto sebagai pembawa materi kepada seluruh masyarakat yang hadir di Balai Kampung Sarawandori I.kampung

Dalam sambutannya di Balai Kampung Sarawandori I, Dandim 1709/Yawa mengatakan, “Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga kita bisa hadir dalam kegiatan Pencanangan Kampung Sarawandori I dan II ini menjadi Kampung Pancasila, yang menjadi alasan penting terpilihnya kampung ini adalah, karena keindahan alam yang dimiliki oleh kampung ini, yang juga menjadi salah satu Lokasi Pariwisata dan Rekreasi terbaik yang ada di Kepulauan Yapen ini”.

Baca: Praktek Tambang Ilegal di Kaltim Menjamur , Polda Kaltim Amankan Empat Pekerja Jadi Tersangka

“Tak hanya itu saja, kampung ini juga menjadi Pusat Usaha Pembudidayaan Rumput Laut yang dilakukan oleh seluruh warga secara tradisional dan didukung dengan bahan-bahan lokal yang ada, oleh karena itu, marilah bersama-sama kita menjaga dan melestarikan keindahan alam yang ada dikampung ini, sehingga dapat pula meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat”, sambungnya.kampung

Kembali ditambahkan Letkol Catur, “Tujuan utama pencanangan kampung Pancasila ini yaitu, sebagai stimulan untuk mengingatkan kembali nilai-nilai Pancasila agar tidak mudah luntur didalam kehidupan sosial masyarakat, seiring berjalannya waktu, Pancasila sudah final dan tak boleh ada yang menggantikannya sebagai Ideologi NKRI serta sekaligus menjadi landasan hidup seluruh rakyat Indonesia, mari kita pertahankan karena Pancasila juga merupakan alat pemersatu bangsa”, tegasnya dihadapan seluruh warga.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Prosesi Pencanangan Kampung Pancasila yang dilakukan di jalan masuk Kampung Sarawandori, sembari menggunting pita Dandim 1709/Yawa menyebutkan, “Bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini secara resmi kita mencanangkan Kampung Sarawandori I dan II menjadi Kampung Pancasila, Semoga membawa keberkahan dalam peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat dan nilai-nilai Pancasila juga dapat terpatri dengan kuat dijiwa seluruh lapisan masyarakat khususnya para generasi muda”, pungkasnya.

Musa Yapanani selaku Kepala Kampung Sarawandori I juga turut menambahkan, “Atas nama pemerintah kampung dan juga seluruh masyarakat, kami ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Dandim 1709/Yawa beserta jajaran, yang telah memilih kampung kami ini sebagai Kampung Pancasila, kami sangat terharu dan merasa bangga atas pencanangan ini, sehingga kami beserta seluruh warga akan selalu mendukungnya dengan mewujudkan pengamalan nilai-nilai Pancasila, baik dalam kehidupan sosial masyarakat maupun dalam sistem pemerintahan kampung”, imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Serda M. Suharto dan Koptu Aan Kurniawan selaku Babinsa Koramil 1709-01/Yapen Selatan, Luter karubaba Bamuskam Sarawandori I, Aser takanyuai Bamuskam Sarawandori II, Tokoh Warga, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan seluruh warga.

(Mochtar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.