Dandim 1709/Yawa Ikuti Upacara Hari Sumpah Pemuda Di Alun-alun Trikora Serui.

426

 

Yapen Suaraindonesia1. Id. Berlokasi di Lapangan Alun-alun Trikora Serui Jl. Kapitan Pattimura Distrik Yapen Selatan Kabupaten Kepulauan Yapen, Komandan Kodim 1709/Yawa Letkol Inf Catur Prasetiyo Nugroho, S.IP, M.I.P bersama seluruh anggotanya mengikuti Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, Jumat (28/10/2022).

Dalam kegiatan upacara ini, bertindak selaku inspektur upacara, Sekda Kab. Kepulauan Yapen, Erny R. Tania, S.IP, dalam membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga dikatakannya, “Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan”.upacara

Sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan, peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi Kemerdekaan Indonesia, peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa, lanjutnya.

Baca: Bersama Forkopimda Kapolres Yapen Hadiri Penjemputan Wakajati Papua

Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang, apa yang dilakukan oleh pemuda dimasa sekarang juga menjadi penentu kemajuan Bangsa Indonesia dimasa depan, mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan diatas segala-galanya, dengan memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia, pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa, sambung Sekda Yapen.upacara

“Saudara-saudara sekalian, marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa, Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia”, pungkasnya.

Diakhir kegiatan upacara, dalam keterangan persnya kepada awak media, Dandim 1709/Yawa mengatakan, “Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 kepada seluruh pemuda bangsa ini, khususnya seluruh pemuda kepulauan yapen, yang diharapkan dapat memiliki karakter moral dan kinerja yang tangguh, pemuda pemudi juga harus memiliki kapasitas intelektual dan kepemimpinan, kewirausahaan, serta kepeloporan yang mumpuni, dan juga juga harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional, kaum muda sebagai calon pemimpin di masa depan harus mengisinya dengan hal-hal yang positif, karena masa depan negara ini ada ditangan para kaum muda generasi penerus bangsa, harapnya.

Turut hadir dalam pelaksanaan upacara ini, AKBP Herzoni Saragih, S.I.K, M.H Kapolres Kep. Yapen, Hendry Marulitua, SH, MH Kajari Serui , Yehud Atururi Ketua DPD KNPI Yapen, Para Anggota DPRD Kab. Kep. Yapen, Para Kepala OPD Kab. Kep. Yapen, Para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda Kab. Kep. Yapen, 1 SST personel Kodim 1709/Yawa, 1 SST personel Polres Kep. Yapen, 1 SSR Satpol PP Yapen, 1 SSR ASN Kab. Kep. Yapen, 1 SSR Mahasiswa STIE Ottow Geisler Serui, 1 SST Paskibraka Yapen dan 2 SST Pelajar SMA dan SMP. (Mochtar).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.