Exclusive Content:

Satlantas Polres Pasbar Gelar Razia Pasca Operasi Ketupat 2024

Pasaman Barat - Dalam upaya mengurangi tingkat kecelakaan Lalu...

Wahyudi Thamrin, SH, MH, Tokoh Muda, Pengusaha sukses dan organisatoris Berpeluang Nakhodai Lima Puluh Kota

Pasca berlansungnya agenda Halal Bihalal serta konsolidasi pasca lebaran...

TSY. Djoker Intimidasi Wartawan, Minta Hapus Berita PETI Sianida dan Merkuri di Bukit Hitam 

Temenggung Servarius Yulius Djoker melakukan intimidasi terhadap Wartawan Redaksi...
BerandaDAERAHHadir di Pohuwato, Bupati Saipul Tinjau Perusahaan Bandeng di Popbar

Hadir di Pohuwato, Bupati Saipul Tinjau Perusahaan Bandeng di Popbar

Author

Date

Category

Suaraindonesia1, Pohuwato – Perusahaan yang bergerak dibidang pembenuran bandeng ini ditinjau langsung oleh Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga didampingi Anggota DPRD Pohuwato, Wawan Hatama, bertempat di Desa Dudewulo, Kecamatan Popayato Barat, Minggu (20/11/2022).

Kunjungan Bupati Saipul ini dterima langsung oleh Direktur Utama PT. KIMCI JAYA BERSAUDARA, Nico, sekaligus pemilik saham.

Bupati Saipul mengakui bahwa kehadiran perusahaan ini nantinya akan mempermudah para penambak untuk mendapatkan bibit dari ikan bandeng itu sendiri. Karena di perusahaan ini pembenuran akan di produksi sendiri sampai jenis nener sekalipun. Bahkan kebutuhan nener diakui akan bisa di ekspor karena produksi yang bisa melebihi kebutuhan dari warga penambak tersebut.

Perusahaan
Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga saat berbincang dengan Direktur perusahaan PT. Kimci Jaya Bersaudara (Foto: Suaraindonesia1/Hms)

“Ia, nantinya Pohuwato akan mengekspor ke luar negeri seperti kebutuhan dari Negara Taiwan dan Filipina itu sendiri,” ujar Saipul.

Kehadiran dari perusahaan ini menurut Bupati Saipul selain akan membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran karena akan merekrut tenaga kerja, juga manfaat lain akan memanfaatkan pelabuhan bumbulan yang ada di paguat untuk mengirim hasil produksi.

“Belum lagi kehadiran Bandara Pohuwato kedepan akan memudahkan perusahaan ini untuk mengekspor. Insyaallah rencana di awal tahun 2023 atau bulan Januari perusahaan ini action tidak meleset, itupun tergantung cepatnya pembangunan dari perusahaan tersebut terutama untuk pembekuan yang sementara di pacu,” ungkap Saipul.

Sementara itu Dirut PT. KIMCI JAYA BERSAUDARA, Nico menambahkan bahwa kapasitas kultoriknya sekitar 500 Ton, tapi dengan kapasitas sirkulasi bisa sampai seribu ton untuk pembenuran ini.

Pada Januari nanti bila tidak meleset perusahan ini akan memulai pembenuran yang diawali dari indukan yang akan menghasilkan telur kemudian menjadi nener.

“Kalau disini akan dibuat sendiri dari indukan, telur, sampai nener yang kemudian didistribusi ke penambak. Kalau kelebihan nener kita bisa ekspor ke Taiwan dan Filipina karena disana sangat butuh nener,” jelasnya.

Menurut Nico, kedepan penambak di Pohuwato tidak perlu lagi memesan benur dari luar daerah, karena Pohuwato sendiri sudah bisa menghasilkan. Apalagi kami sudah kerjasama dan menghadirkan tenaga ahli dari luar. Bahkan menurutnya tenaga ahli tersebut yang juga pelaku pengindukan dengan lahan peneneran seluas 20 hektar mampu memenuhi kebutuhan petambak seluas 20 s/d 30 ribu hektare bahkan lebih.

“Jadi kalau sudah pembenuran disini (Pohuwato) tentu bisa lebih murah dan tingkat keberhasilan lebih tinggi karena benur tidak terlalu lama di perjalanan, apalagi kekurangan oksigen saat pengiriman yang lambat sampai ke tangan penambak. Kelebihan dari bibit ini sudah pasti pohuwato akan mengekspor ke luar negeri,” jelas Nico.

“Untuk tenaga kerja lokal sudah pasti besar yang akan direkrut terutama di pabrik nener yang butuh ratusan tenaga kerja. Tapi keseluruhan investasi kita di pohuwato kedepannya bisa menyerap tenaga kerja sekitar 1.000 orang,” pungkasnya. (Abd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Recent comments