Hadiri Musda KKJI, Bupati Saipul Ikuti Tradisi “Ambengan”

164
KKJI
Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, saat makan bersama warga Jaton (Foto: Suaraindonesia1/Hms)
Suaraindonesia1, Pohuwato – Hadiri Musyawarah Daerah (Musda) Kerukunan Keluarga Jaton Indonesia (KKJI) ke 1. Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, mengikuti tradisi “Ambengan”.

Konon tradisi Ambengan ini bertujuan sebagai perekat tali silaturahim antar umat. Sehingga dalam Musda ke 1 KKJI inipun para anggota mempersiapkan tradisi tersebut.

Ambengan sendiri adalah tradisi makan bersama dari orang Jaton. Ambeng merupakan makanan lezat khas Jawa Tondano yg disajikan dalam satu wadah yang didalamnya terdiri dari nasi, ayam, sayuran, gudeg dan tambahan pelengkap lainnya yang dimakan oleh lima orang dalam satu wadah.

Ambengan
Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga saat menyampaikan sambutan (Foto: Suaraindonesia1/Hms)

Selain Bupati Pohuwato, kegiatan ini turut dihadiri oleh anggota DPRD Pohuwato, Iqram Bhari Akbar Baderan dan Inong Nurhamidin selaku representasi warga Jaton di DPRD, Ketua KKJI Korwil Provinsi Gorontalo, Chamdi A.T Mayang, bersama dengan ketua-ketua Korda KKJI Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo, dan mantan Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga.

Dalam sambutannya, Bupati Saipul menyambut baik kegiatan Musda KKJI yang pertama tersebut. Sebab peran masyarakat Jaton dalam sejarah Gorontalo juga sangat penting.

Ambengan
Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, foto bersama pengurus KKJI Pohuwato (Foto: Suaraindonesia/Hms)

“Warga Jaton juga memiliki andil cukup besar dalam sejarah perjuangan kemerdekaan di Gorontalo. Sosok Kusno Danupoyo, salah seorang tokoh warga Jaton yang bersama Pahlawan Nasional Nani Wartabone, berhasil mengusir penjajah dan mengikrarkan kemerdekaan Gorontalo pada 23 Januari 1942,” jelas Saipul, Sabtu (11/06/2022).

Bupati juga berharap agar lewat Musda ini dapat melahirkan komposisi kepengurusan yang dapat mengemban tugasnya terutama dalam mempererat hubungan antara sesama

“Harapan kami kegiatan Musda ini berjalan dengan aman, lancar, dan sukses serta menghasilkan komposisi kepengurusan yang dipilih untuk mengemban amanat organisasi yang tujuan utamanya adalah menghimpun dan merekatkan anggota melalui berbagai program kegiatan,” harap Saipul.

Terakhir, pada Musda ke 1 itu telah melahirkan ketua terpilih yang merupakan persetujuan bersama suku Jaton. Iqram Bhari Akbar Baderan, SH terpilih secara aklamasi sebagai Ketua KKJI Pohuwato masa bakti 2022-2025. (Abd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.