Exclusive Content:

PT. DDP Bangun 3 Halte Sekolah di Ipuh 

Perusahaan Perkebunan Sawit PT. Daria Dharma Pratama (PT. DDP)...

Dharma Bhakti TMMD Wujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah

Dengan mengusung Dharma Bhakti  TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di...

Wartawan Luak Limopuluah ” Todong” Wahyudi Thamrin Ikuti Konstetasi Pilwako Payakumbuh 2024- 2029

Wartawan Luak Limopuluah pantas acungkan jempol atas kemunculan Wahyudi...
BerandaDAERAHHari Lebaran Ke-3 Wisatawan Membludak di Titik Nol IKN Nusantara

Hari Lebaran Ke-3 Wisatawan Membludak di Titik Nol IKN Nusantara

Author

Date

Category

 

Suaraindonesia1.id, Penajam, – Hari Lebaran ke-3 wisatawan dari dalam Maupun luar daerah membludak di lokasi titik nol IKN Nusantara. Kawasan yang sudah diresmikan menjadi lokasi pembangunan ibu kota yang baru, mendadak menjadi area wisata yang memikat.

Pengunjung yang datang tidak hanya dari dalam Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) saja melainkan dari berbagai penjuru daerah Indonesia. Kasubdit BPBD Penajam paser Utara (PPU), Helena Lin Legi menyebut, pihaknya sempat kewalahan menjaga dan mengatur lalu lintas di titik nol IKN hari ini.Wisatawan

Sebab, pengunjung membludak sejak pagi hingga petang. “Dari pagi sampai sore jelang magrib tadi wisatawan di titik 0 IKN Nusantara tidak berkurang.

Baca: Sistem One Way Kembali Diterapkan Saat Arus Balik di Jakarta

Ada yang pulang, lainnya datang. Penjagaan ekstra ketat terutama dari wisatawan yang membuang sampah sembarangan,” ujarnya, Rabu, 4 Mei 2022.Wisatawan

Dijelaskan dia, sejak tangga 30 April hingga 3 Mei 2022, titik 0 IKN Nusantara ditutup untuk umum. Alasannya karena menghindari lonjakan di libur lebaran ke 1 dan 2.

Tidak disangka, pada lebaran ke 3, pengunjung penuh sesak memadati area yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi ini. “Ramai, sesak, banyak dari pengunjung tampak membawa serta keluarga mereka dengan kendaraan roda 2 dan 4.

Parkiran penuh sekali. Tapi untungnya semua pakai masker dan jaga jarak,” ujarnya. Masuk kawasan titik 0 IKN Nusantara memang diketahui gratis.

Tidak dipungut biaya apapun untuk sekadar bisa melihat-lihat tempat bersejarah pemindahan Ibu Kota Indonesia ini. Tak heran, setiap musim liburan tiba, kawasan ini tak kalah penuh sesak didatangi pengunjung.

“Luar biasa memang pengunjungnya, tapi kami juga meningkatkan kewaspadaan karena sampah-sampah yang berserakan di sana. Kami juga harus tetap mengingatkan pengunjung untuk kesehatan mereka, karena cuaca yang panas,” imbuhnya.

Pada sore hari pengunjung yang menikmati atau sekadar santai di kawasan titik 0 IKN Nusantara, semakin sesak.

Pengunjung yang datang tidak hanya berswafoto di lokasi itu, tapi mereka juga menggelar piknik keluarga dan membawa makanan.

Salah satu pengunjung dari Jakarta menyebut, kesempatan mudik ke Balikpapan pada tahun 2022 ini adalah kesempatan emas menikmati IKN langsung dari titik 0.

“Kalau biasanya saya lihat IKN di TV sekarang langsung lihat aslinya. Beruntung sekali bisa kemari,” kata Rudini salah satu Bank BUMN di Jakarta.

Sementara itu, Pendeta Lukas dari Tanjong Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara menyebut, pihaknya hadir ke IKN untuk memberi dukungan penuh atas keputusan Presiden Jokowi yang memindahkan ibu kota ke Kaltim.
Kami bangga, Kaltim akan menjadi kota peradaban baru. Kami mendukung penuh pembangunan di titik 0 IKN ini, karena itu di kesempatan ini kami datang kemari,” jelasnya. (bbm)*

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Recent comments