Exclusive Content:

Satlantas Polres Pasbar Gelar Razia Pasca Operasi Ketupat 2024

Pasaman Barat - Dalam upaya mengurangi tingkat kecelakaan Lalu...

Wahyudi Thamrin, SH, MH, Tokoh Muda, Pengusaha sukses dan organisatoris Berpeluang Nakhodai Lima Puluh Kota

Pasca berlansungnya agenda Halal Bihalal serta konsolidasi pasca lebaran...

TSY. Djoker Intimidasi Wartawan, Minta Hapus Berita PETI Sianida dan Merkuri di Bukit Hitam 

Temenggung Servarius Yulius Djoker melakukan intimidasi terhadap Wartawan Redaksi...
BerandaDAERAHIni Kata Ronald PT.BSR Ambil Tanah Urug untuk penimbunan Pembuatan Jembatan di...

Ini Kata Ronald PT.BSR Ambil Tanah Urug untuk penimbunan Pembuatan Jembatan di lokasi Tambang Batubara

Author

Date

Category

 

Suaraindonesia1 – SUMSEL – LAHAT – PT. Bara Selaras Resources (BSR) perusahaan bergerak dibidang tambang batubara yang berada di Desa Muara Maung, Kecamatan Merapi Barat,Kabupaten Lahat,

Alat berat mengambil tanah urug langsung ditumpahkan ke Dump Truk untuk menimbun pembuatan jembatan.BSR

Dalam gambar ekseklusif terlihat alat berat mengambil tanah urug dilokasi ditumpahkan ke truk diduga tanah urug yang diambil dari lokasi di IUP Tambang Batubara, saat dikonfirmasi Humas PT.BSR bapak Ronald sabtu 3 desember 2022 ” selamat sore pak ronald BSR informasi galian tanah urug diduga mengambil tanah tersebut untuk menimbun pembuatan jembatan aku ” Ronald selaku Humas PT.BSR dalam pesan washapp, saat dikonfirmasi wartawan, sabtu (3/12/2017)

Baca: Komite III DPD RI Evaluasi Program Kerja Kerja Kemenaker Tahun 2022

Ia juga mengaku Tanah urug kami beli dari IUP Pak Sudar Dan ada pajak galian C . Maaf saya lagi di Bandung pesan singkat yang dikirim melalui washhapp nya.BSR

Terpisah Surya Kencana,SH selaku pemerhati hukum, Usaha Pertambangan Bahan Galian Golongan C adalah kegiatan usaha pertambangan yang meliputi eksplorasi, eksploitasi, pengolahan/ pemurnian, pengangkutan dan penjualan.

“Dalam UU Nomor 4 Tahun 2009, definisi usaha penambangan adalah suatu kegiatan dari usaha pertambangan untuk melakukan produksi mineral dan batubara. Jadi menggali dan menjual tanah urug sudah termasuk dalam kategori usaha pertambangan.

Berdasarkan UU. No.11 tahun 1967 pasal 3 ayat 1 memberikan definisi galian tambang golongan C adalah bahan tambang yang biasanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur. baik bangunan pribadi, swasta maupun pemerintah. Salah satu contoh kongkrit galian C adalah pasir dan tanah timbun.

Dijelaskannya per­atu­ran ten­tang perizinan usaha pertam­ba­ngan telah di­atur dalam UU No 4 tahun 2009 tentang per­tambangan mineral dan batubara, PP No 22 tahun 2010 tentang Wilayah Per­tam­bangan, PP No 23 tahun 2010 tentang Pe­laksanaan Kegiatan Usa­ha Pertam­ba­ngan Mineral dan Batubara, PP No 55 ten­tang Pembinaan dan Pe­nga­­was­an Pe­nye­lenggaraan Pe­nge­lo­laan Usaha Pertam­ba­ngan Mineral dan Ba­tubara, PP No 55 tahun 2010 tentang Rek­lamasi dan Panca Tambang, Permen ESDM No 34 tahun 2017 tentang Per­izinan di bidang Pertam­bangan Mineral dan Batubara, dan UU No 23 tahun 2014 ten­tang Pemerintah Daerah

Melakukan aktivitas Tambang galian C tampa memiliki ijin dikenakan pasal 158 ancaman 10 tahun penjara denda 10 milyar.

Jurnalis : Bambang.MD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Recent comments