Jalan Trans Samarinda-Kutai Barat Rusak Parah, Banyak Truk Terguling

 

SuaraIndonesia1, Sendawar, Kaltim – Keadaan terkini ruas jalan Trans Kalimantan yang menghubungkan antar dua wilayah Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur semakin memprihatinkan.

Selain banyak terdapat lubang berukuran besar, juga terdapat lumpur tanah yang membuat kondisi jalan trans menjadi sangat licin.

Ditambah lagi hujan deras yang terus-menerus mengguyur membuat setiap pengendara yang melintas harus ekstra waspada.

Jalan trans

Jika salah sedikit pilih jalur, maka bisa berakibat fatal bahkan tak sedikit kendaraan roda empat termasuk mobil truk ekpedisi terbalik dan dibiarkan melintang di tengah jalan.

Kondisi ini pun memicu terjadinya kemacetan antrian panjang kendaraan sejauh berkilo-kilo meter. Seperti yang terpantau pada Jumat (31/12/2021).

Jalan trasn

Beberapa truk terlihat melintang di tengah jalan dan hanya ditutupi tenda dalam kondisi terbalik serta ditinggal oleh pemiliknya.

Setiap kendaraan yang melintas di jalan poros Trans Kalimantan itu pun terpaksa harus mengikuti antrian panjang berkilo-kilo meter agar dapat melintas.

Jalan trans

Hal ini terjadi lantaran para pengendara hanya menggunakan satu jalur kecil yang juga kondisinya sangat rawan memicu kecelakaan.

Menurut para pengendara yang melintas, terbaliknya truk ini karena menghindari lubang besar dan dalam yang berada di tengah jalan. Lubangnya terlalu dalam, jadi ambil di sisi luar. Ternyata juga sama, sehingga mobil langsung terbalik,” kata Sugito pengemudi mobil yang masih menunggu bantuan evakuasi.

Tidak hanya di dalam wilayah Kabupaten Kubar, jalan rusak juga menyebabkan antrean panjang kendaraan roda empat (4) di wilayah Kabupaten Kukar, tepatnya di Desa Perian Kecamatan Muara Muntai.

Baca: Polres Kukar Musnahkan 1,03 Kg Sabu-Sabu Jelang Pengantian Tahun

 

Ratusan kendaraan pun terpaksa bergantian untuk melewati jalan karena ada sebuah truk yang tersangkut di tengah jalan. Ada truk yang tersangkut (amblas) ditengah jalan. Jadi terpaksa harus bergantian untuk lewat jalan tersebut,” kata Yuli salah satu pengendara yang ada di lokasi.

Kerusakan parah jalan Trans Kaltim ini ada di dua titik yang cukup berdekatan di Desa Perian Kabupaten Kukar. Jalan yang hanya ditutup tanah berbatu ini tidak dapat menahan beban kendaraan yang melintas.

Ditambah dengan hujan yang hampir setiap hari, membuat jalan yang semula aspal dan berlubang kini berubah menjadi genangan lumpur. Sehingga sangat menyulitkan kendaraan yang melintasi daerah tersebut.

“Sudah hampir seminggu, jalan semakin sulit dilewati karena penuh lumpur akibat tanah untuk menutup lubang terus diguyur hujan,” tambah Kurdi warga sekitar.

Tanah berbatu yang dipakai untuk menutup lubang besar di sepanjang jalan ini dilakukan untuk memudahkan kendaraan yang lewat agar tidak terbalik.
Namun pada kenyataannya, jalan tersebut kini penuh lumpur dan semakin licin. Sehingga tidak sedikit kendaraan roda dua yang hampir terjatuh.
“Tolong pemerintah bisa peka terhadap kondisi jalan ini, apalagi ini jalan lintas kabupaten.

Jangan biarkan kami terus merasakan jalan yang jelek sementara di perkotaan sana jalan selalu mulus dan cepat diperbaiki jika ada kerusakan,” tambah Wahyudi seorang pengendara motor yang melintas untuk menuju Kabupaten Kubar.

Sementara itu beberapa anggota TNI terlihat ikut membantu mengatur lalu lintas. Namun diharapkan pemerintah bisa cepatnya turun tangan agar bisa segera memperbaiki sementara akses jalan tersebut.

Khusunya pemerintah Provinsi dan Pusat, sebab ini kan statusnya jalan nasional, jalan lintas kabupaten dan provinsi. Jangan tunggu sampai timbul korban kecelakaan baru mau memikirkan cara memperbaikinya,” keluh warga lainnya bernada kesal. (bbm)*

- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -

Related News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.