Exclusive Content:

Distan Mukomuko Rutin Salurkan Bantuan Benih Padi ke Petani

Mengantipasi ancaman krisis pangan global, pemerintah Kabupaten Mukomuko  melalui...

Distan Mukomuko Rehab RPH di Padang Penaek

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu pada tahun...

Ketua PABPDSI Kecamatan Terpilih, Zoelnasti : Saya Akan Kuatkan Struktur BPD (Bamus)

Ketua PABPDSI Kecamatan terpilih : Saya Akan Kuatkan Struktur...
BerandaDAERAHKorupsi Dana Desa Oknum Kades Purun Timur Ditangkap Polisi

Korupsi Dana Desa Oknum Kades Purun Timur Ditangkap Polisi

Author

Date

Category

 

Suaraindonesia1.id, SUMSEL – PALI – Kepala Desa Purun Timur kecamatan Penukal, kabupaten PALI Provinsi Sumatera Selatan berinisial AL ditangkap Unit Tindak Pidana Korupsi Satreskrim Polres PALI pada Rabu (23/11/2022) sore.

Ditangkapnya kepala Desa Purun Timur ini, atas dugaan kasus Tindak Pidana Korupsi Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Purun Timur, tahun 2021, yang merugikan negara sebesar Rp. 548.526.273,- juta rupiah.Korupsi dana desa

Kapolres PALI, AKBP Efrannedy, S.I.K. MAP menjelaskan, ditangkapnya pelaku ini atas dasar laporan Polisi : Nomor: LP/ A-81/VIII/2022/SUMSEL/Res Pali, Tgl 16 Agustus 2022.

Baca: Bupati Lahat Cik Ujang Pimpin Apel Gelar Pasukan Antisipasi Penanggulangan Bencana Alam

” Berdasarkan hasil expose di inspektorat tanggal 7 November 2022, ditemukan indikasi kerugian negara yang dilakukan oleh Kades Purun Timur Saudara AL sebesar Rp. 548.526.273,” kata Kapolres PALI pada Rabu malam (23/11/2022).

Dia menjelaskan, dalam kasus tersebut, pihak Polres PALI telah melakukan pemeriksaan terhadap saksi sebanyak 64 Orang dan Penyitaan dokumen terkait pengelolaan keuangan Desa Purun Timur tahun 2021.

Dikatakan Kapolres, selain itu pihaknya telah melakukan pemeriksaan fisik pekerjaan dan pemeriksaan Ahli Kontruksi dari Perkindo Provinsi Sumatera Selatan.

” kita Telah Melakukan Pemeriksaan Ahli Dari Dirjen Pemdes Kemendagri, dan dilakukan permintaan PKKN kepada Inspektorat Kabupaten PALI,” ujar Efrannedy.

Kapolres juga mengatakan, bahwa pihaknya telah dilaksanakan koordinasi dengan JPU. Serta telah dilakukan gelar perkara penetapan tersangka.

Diungkapkan Kapolres, bahwa selama tahun anggaran 2021 Desa Purun Timur Kecamatan Penukal kabupaten PALI telah mendapatkan Dana Desa sebesar Rp. 920.904.000,- yang bersumber dari APBN dan Alokasi Dana desa sebesar Rp. 1.101.784.767,- yang bersumber dari APBD.

Namun menurutnya, terduga tersangka ini tidak melaksanakan pembangunan Desa dengan sebenarnya, Tersangka selaku kepala Desa telah melakukan pembelanjaan yang diduga fiktif dan tidak dilengkapi dengan bukti pendukung lainnya.

Baca Juga: Kades diprotes Warga Soal Bantuan PT Titan
Serta tidak dilakukan pemungutan dan pemotongan dan pembayaran pajak pada belanja atas kegiatan, terdapat kelebihan membayar atas kekurangan volume pekerjaan pada kegiatan pembangunan tahun 2021.

Sehingga kata Kapolres, terduga tersangka ini telah melakukan perbuatan melawan hukum dan memperkaya diri sendiri dengan menggunakan dana desa/alokasi Dana Desa tahun 2021.

” Dari kejadian tersebut Negara Kesatuan Republik Indonesia mengalami kerugian sebesar Rp. 548.526.273,- (Lima ratus empat puluh delapan juta lima ratus dua puluh enam ribu dua ratus tujuh puluh tiga rupiah),” ungkap Kapolres.

Kasar Kasat Reskrim Polres PALI, AKP MARWAN, S.H.,M.H, menambahkan, bahwa ditangkapnya pelaku ini ketika sedang berada di jalan Sebane, tepatnya di simpang PT. EPI, lalu dibawa ke Sat Reskrim Polres PALI guna dilakukan pemeriksa lebih lanjut.

” Berdasarkan informasi, terduga tersangka ini sedang berada di Sebane, dan kita bersama anggota langsung menuju TKP untuk melakukan penangkapan, selanjutnya kita bawa ke Polres untuk dilakukan pemeriksaan,” Pungkasnya.”

Jurnalis : Bambang.md

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Recent comments