Kostum Hasil Daur Ulang Sampah Meriahkan HPSN 2022 di Pohuwato

Suaraindonesia1, Pohuwato – Kostum pakaian yang terbuat dari bahan daur ulang sampah memeriahkan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2022 di Kabupaten Pohuwato, bertempat di Gelanggang Olahraga, Senin (21/02/2022).

Pakaian ini terbuat dari bahan daur ulang sampah jenis plastik, kertas koran bahkan karung bekas yang dimodifikasi sehingga terlihat menawan.

Kostum
Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga saat foto bersama dengan para peserta lomba dalam peringatan HPSN 2022 (Foto: Suaraindonesia1/Abd)

Salah satu cleaning service (CS) yang bekerja di DLH Pohuwato, Lisna Bantunge, kepada awak media suaraindonesia1.id mengatakan pakaian tersebut adalah inisiatif dari mereka untuk memeriahkan HPSN 2022 di Pohuwato.

“Kostum dari bahan daur ulang sampah ini adalah inisiatif kami dari para CS, dan yang mengenakan kostum ini ada sekitar sembilan orang dewasa dan lima anak-anak,” ungkap Lisna.

Selain penampilan dari para CS yang mengenakan kostum unik tersebut, peringatan HPSN 2022 oleh DLH Kabupaten Pohuwato juga dimeriahkan dengan berbagai lomba seperti Lomba Grebek Sampah berbagai jenis serta penanaman pohon.

Untuk hadiahnya, DLH Pohuwato menyediakan hadiah yang cukup banyak seperti sembilan unit sepeda untuk orang dewasa, uang tunai dan sembako untuk juara satu, dua dan tiga.

Kostum
Kadis DLH Pohuwato, Sumitro Monoarfa (Foto: Suaraindonesia1/Abd)

Kepala Dinas (Kadis) DLH Pohuwato, Ir. Sumitro Monoarfa, menjelaskan bahwa berbagai lomba ini adalah hal yang wajib dan sering dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh Cleaning Services (CS) dilingkungan DLH Pohuwato dan masyarakat umum.

“Kami dari pemerintah daerah melaksanakan berbagai lomba, ini juga untuk memberi reward kepada para CS sebagai pejuang-pejuang kebersihan” ujar Sumitro.

Ia juga berharap dalam peringatan HPSN 2022 ini pemerintah kecamatan hingga desa dan masyarakat dapat menggalakan kembali jum’at bersih hingga ketingkat desa dan dusun untuk kebersihan lingkungan.

“Saya berharap agar jum’at bersih dapat digalakan kembali dari kecamatan hingga tingkat desa dan dusun, dan bicara lingkungan bicara sampah bukan hanya DLH tapi kolaborasi antara semua stake holder yang ada dan seluruh masyarakat,” harap Sumitro.

Perayaan kegiatan HPSN 2022 yang dirangkaikan dengan satu tahun HUT Pemerintahan SMS ini turut dihadiri oleh Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Arman Mohammad, Asisten Administrasi Umum, Rusmiati Pakaya dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Kostum
Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, saat memberikan sambutan (Foto: Suaraindonesia1/Abd)

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Saipul mengajak agar memperkuat peran terutama dalam hal kepedulian terhadap sampah dan pengolahannya.

“Kita harus meningkatkan kepedulian dalam pemilahan sampah, perkuat komitmen dalam melaksanakan aksi lokal adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan, perkuat mitigasi di sektor limbah, memperkuat peran pemda, masyarakat, dan pihak lain dalam pengelolaan sampah,” tutur Saipul.

Kostum
Bupati Pohuwato dan unsur Forkopimda saat melakukan penanaman pohon dilahan sekitar GOR (Foto: Suaraindonesia1/Abd)

“Serta melahirkan ide dan inovasi dalam penanganan sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat,” pungkasnya

Bupati bersama unsur Forkopimda juga melakukan penanaman pohon Tatebuya dan buah-buahan disekitaran lokasi gelanggang olahraga serta turut menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba dalam memperingati HPSN 2022. (Abd)

Must Read

Related News

Raker dengan KPU dan Bawaslu, Senator DPD RI Fernando Sinaga Desak Penyusunan PKPU Dipercepat

  Jakarta – Suaraindonesia1, Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggelar Raker dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum...

Guna Mengoptimalkan Pembangunan Sumbar, Ketua DPRD dan Gubernur Bertemu Perantau

  PADANG- Suaraindonesia1, Bahas sejumlah isu strategis untuk mengoptimalkan pembangunan daerah, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi beserta Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansarullah, adakan pertemuan...

LaNyalla: Harga Bahan Pokok Tak Stabil di Surabaya Ganggu Roda Perekonomian

  SURABAYA - Suaraindonesia1, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memberikan perhatian terhadap harga sejumlah bahan pokok di Surabaya, Jawa Timur, yang sangat fluktuatif. LaNyalla...

Bareskrim Polri Ungkap Sindikat Penyalahgunaan BBM Solar di Pati

  Pati,Suaraindonesia1 - Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri ungkap sindikat penimbunan BBM jenis solar bersubsidi. Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto memimpin press release kasus penyalahgunaan...

Canangkan Program BIAN, Di Kecamatan Taliabu Timur Selatan, Sejumlah Pihak Komitmen Bersama

  Taliabu | Suaraindinesia1.Id - 24/05/2022 Program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) untuk 9 Desa di wilayah kerja Puskesmas Losseng , kecamatan Taliabu Timur Selatan,...

495 Gambar Mural Ikonik Jakarta Mulai Hiasi Tembok Pembatas Jalan RE Martadinata

  Jakarta.SuaraIndonesia1 - Mural Ikonik Jakarta mulai menghiasi tembok pembatas jalan di sepanjang Jalan RE Martadinata, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Ditargetkan terdapat 495 gambar yang...

Perumda Delta Tirta Ulang Tahun Yang Ke-44, Masyarakat diguyur Promo Layanan

  SIDOARJO, suaraindonesia1 - terhitung masi 2 bulan lagi tepatnya 05/07/22 Perumda Delta Tirta Ulang Tahun ke 44 namun masyarakat Sidoarjo sudah merasakan sensasi kebahagiaan...

SBY Beri Bantuan untuk Pacitan di Porprov Jatim, LaNyalla: Kepedulian yang Harus Ditiru

  SURABAYA – Suaraindonesia1, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memberikan apresiasi kepada Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), atas kepeduliannya terhadap olahraga,...

Viral… Gerbang Tol Tomang Terjadi Tindak Kekerasan 2 Pengemudi Mobil Mewah

  JAKARTA, Suaraindonesia1, Kasus dugaan tindak kekerasan yang dilakukan pengemudi mobil Pajero kepada pengemudi mobil Yaris di gerbang Tol Tomang, Jakarta Barat dan viral di...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.