Krisis Air Bersih Warga di Matim Hanya Andalkan Air Sumur yang Hampir Kering

283

 

MANGGARAI TIMUR SUARAINDONESIA1, Selama musim kemarau, Desa Rengkam Kec Poco Ranaka Timur Kab Manggarai Timur di Prov Nusa Tenggara Timur mengalami krisis air bersih.

Kekeringan mulai melanda warga kampung ujung Topak tepatnya di Desa Rengkam Kecamatan Poco Ranaka Timur, Kab Manggarai Timur Prov Ntt Setiap tahun, daerah ini memang sudah menjadi langganan krisis air bersih .air bersih

Kondisi paling parah yang dialami warga Dusun Satar lewa itu, setiap musim kemarau tiba, sekitar puluhan warga yang terdampak kekeringan tersebut.

Warga terpaksa manfaatkan aliran air sungai untuk mandi dan mencuci pakaian.

Baca: Hal Penting Ini Yang Di Bahas Di Sidang Sinode Ke XVIII GKI di Waropen.

Sementara itu untuk kebutuhan masak dan minum, warga memanfatkan air sumur yang masih ada sedikit debit airnya.air bersih

Warga terpaksa manfaatkan aliran air sungai untuk mandi dan mencuci pakaian dalam waktu dekat. Semenetara itu untuk kebutuhan masak dan minum, warga memanfatkan air sumur yang masih ada sedikit debit airnya.

Kekeringan ini sudah menjadi bencena tetap setiap tahun. Warga khawatir sisa sumber air yang masih tersisa seperti sumur diprediksi akan terus mengering pada akhir agustus ini.

” Setiap tahun sumber air musiman itu seperti sumur selalu mengalami kekeringan dipuncak musim kemarau” kata vika yang merupakan warga kampung tsbt.

Lebih lanjut vika katakan Warga terpaksa harus mencari sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan masak dan minum dalam kurun waktu selama musim kemarau berlangsung.

Warga berharap pemerintah bisa memberikan perhatian serius terhadap kondisi kekeringan yang selalu terjadi setiap musim kemarau di setiap wilayah ini.

Jurnalis : carles marsoni

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.