Menjelang Natal Harga Bahan Relatif Stabil.

 

Bitung – Suaraindonesia1, Harga bahan kebutuhan hari raya pada H-2 menjelang Natal umat Nasrani relatif stabil dikota Bitung, Sejumlah besar kebutuhan masyarakat yang dijual dipasar rakyat, tidak mengalami peningkatan signifikan dan masih bisa dijangkau.

Meski terjadi peningkatan pada beberapa item Barito, seperti cabe rawit dan bawang merah, Sementara beras dan produk sayuran untuk kebutuhan Natal, masih stabil.

Stabil

Hal ini terpantau dari laporan sejumlah komisariat Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia – Appsi Kota Bitung, Ketua komisariat Girian Risno Maninggolan menjelaskan, fluktuasi harga memang terjadi.

Tetapi hal itu lebih disebabkan pada peningkatan jumlah permintaan diakhir tahun. Dan hal tersebut lumrah terjadi dipasar Girian.

Stabil

 

Maninggolan mencontohkan harga cabe rawit yang diawal bulan berada dikisaran 55 ribu samlai 65 ribu.
Kini sudah menembus angka 90 ribu hingga 105 ribu per kg.

Tetapi positifnya, barang tersebut masih tersedia dan bisa ditemukan dengan mudah dilokasi pasar. Yang mengkhawatirkan jika menjadi langka, seperti beberapa tahun belakangan. Begitu juga dari pasar sagerat.

 

Stabil

Ketua komisariat Appsi sagerat Andi Daud mengatakan ada peningkatan jumlah peengunjung.

 

Andi Daud yang juga pengusaha sembako menjelaskan, hanya minyak kelapa yang berfluktuasi. Namun hal itu terjadi sejak november, karena kelangkaan produk.

 

Dipasar Winenet. Komisariat Appsi melaporkan harga juga relatif aman. Tamrin Bandu ketua Komisariat menjelaskan, bahwa bawang merah ada pergerakan namun masih relatif stabil.

Bandu yang juga pengusaha rempah dan barito mengakui, Pengunjung pasar juga meningkat. Berikut sejumlah informasi harga yang masuk dari sejumlah pasar.

Baca: Pelantikan Kades Jhoni Parerung Berlatar Belakang Wartawan Dan PEOJF

 

Beras goropa harga 163 ribu/14 Kg. 230 ribu/20kg. Beras kemasan cempaka 210/20kg, beras cemara sewu 210 ribu/ 20 kg. Beras cumi 210 ribu/ 20 kg.
Sementara daging ayam 60-65 ribu/ ekor. Daging Babi 65 ribu/kg..Daging celeng babi hutan 50 ribu/kg . Mujair 35 ribu/kg.

Sementara sayuran. Kentang 12 ribu/kg, akar kuning 10 ribu/kg, buncis 20 ribu/kg, ketimu 5000 2 buah, caisin 15 ribu/kg, kol 18 ribu/ buah, petsay 5000,/pohon, dan seledry 30 ribu/kg.

Sementara sembako. Minyak kelapa botol 28 ribu/1,6 liter, 12 ribu/600ml. Minyak kelapa curah 22 ribu/kg. Butter curah 5000/kg, mentega blue band curah 32 ribu/kg, mother choice 25 ribu/kg, simas comb 19ribu/kg. Terigu kompas 10500/kg, gula kasar 13ribu/kg, gula halus 16ribu/kg. Susu dancow 30 ribu/renceng saschet. Selai 30 ribu/kg, kacang 38 ribu/kg dan coklat batang tulip colata 65 ribu/kg.

(Aten SK)

- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -

Related News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.