Pencegahan Stunting di Pohuwato Terus Diseriusi Bupati Saipul

Suaraindonesia1, Pohuwato – Pencegahan stunting terus diseriusi oleh pemerintah daerah terutama Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga.

Hal itu dibuktikan dengan peninjauan yang dilakukan Saipul A. Mbuinga walaupun dalam sela-sela kegiatan yang lain. Salahsatunya saat meninjau pekerjaan jalan yang ada di tiga desa di Kecamatan Randangan.

Saipul
Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, saat melihat kondisi salah satu rumah warga (Foto: Suaraindonesia1/Hms)

Bupati Saipul yang didampingi Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh yang juga selaku Koordinator Gerbos Emas langsung meninjau Rumah Tangga Pelopor Pencegahan Stunting (RTP2S) yang ada di Desa Huyula, yang telah dilaunching pada Oktober 2021 lalu.

Dalam peninjauan itu, Bupati Pohuwato melihat langsung serta mengevaluasi sejauh mana bantuan yang diberikan oleh OPD terkait dimanfaatkan oleh rumah tangga setempat.

Baca juga : Diterjang Angin Kencang, Rumah Panggung Roboh

“Karena kita tahu bersama Desa Huyula, Kecamatan Randangan adalah pertama di Pohuwato yang melaunching RTP2S tersebut,” ujar Saipul.

Saipul
Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, saat melihat tanaman milik warga (Foto:Suaraindonesia1/Hms)

Dari hasil peninjauan, rumah tangga tersebut sudah menunjukkan perubahan termasuk anak stunting yang tadinya berat badan 6 kilogram sudah lebih dari 9 kilogram.

Untuk itu, Bupati Saipul berharap agar bantuan yang diberikan berupa ikan, ayam dan pemanfaatan pekarangan benar-benar dikelola dan dirawat dengan baik, karena bantuan ini sangat membantu kebutuhan keluarga itu sendiri.

Koordinator Gerbos Emas, Irfan Saleh menjelaskan, sebagai desa pertama di Randangan serta umumnya di Kabupaten Pohuwato, maka RTP2S di Desa Huyula telah menunjukkan peningkatan.

“Dimana bantuan yang diberikan berupa ikan kini sudah beranak dan induknya sudah dapat dimanfaatkan atau dikonsumsi oleh rumah tangga stunting, begitu juga dengan ayam sudah ada yang beranak, pun demikian dengan lahan pekarangan juga sudah kurang lebih 5 kali panen,” jelas Irfan.

Saipul
Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, saat melakukan peninjauan (Foto: Suaraindonesia1/Hms)

Menurutnya, kehadiran Bupati bersama l tim diaini untuk memastikan dan mengevaluasi sudah berhasil atau tidak rumah tangga sasaran tersebut.

“Karena pada launcing tahun lalu benar-benar rumah tangga stunting dan miskin yang jadi sasaran. Mereka disentuh dengan bantuan berupa listrik, kamar mandi atau MCK,” terang Irfan.

“Kemudian RTP2S di Huyula sudah berhasil dan memberikan dampak pada rumah tangga yang ada,” pungkasnya.

Terakhir Kepala Baperlitbang ini juga menambahkan bahwa Bupati Saipul juga memberikan bantuan secara pribadi berupa kurang lebih 15 sak semen untuk pengecoran lantai dapur. (Abd)

- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -

Related News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.