Pandam Mulawarman Kunjungi Ibu Kota Negara Nusantara untuk Siapkan Pengamanan

 

SuaraIndonesia1, Balikpapan, Kaltim – Panglima Kodam VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Teguh Pudjo Rumekso mengunjungi langsung kawasan Ibu Kota Negara Nusantara. Kedatangan jenderal bintang dua ini guna memastikan titik pusat pembangunan berlokasi di Kecamatan Sepaku Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim).

Pangdam Mulawarman membeberkan beberapa titk yang menjadi fokus dalam kunjungan kali ini, selain titik nol. Ia datang didampingi beserta personel seperti staf maupun asisten dari Kodam Mulawarman, dan tokoh adat mengunjungi lokasi IKN pada Selasa 1 Februari 2022.Mulawarman ibu kota negara

“Sehingga semuanya bisa tau, di mana akan dibangun istana negara, gedung MPR, kemudian infrastruktur pendukung lainnya,” terang Teguh. Teguh datang bersama rombongan Kodam Mulawarman bersama tokoh adat setempat. Secara langsung, mereka meninjau lokasi titik nol pembangunan Ibu kota negara.

Baca: Peringatan HUT Satpam, Seragam Baru Satpam 2022 Tidak Lagi Mirip Polisi

Selama ini, banyak di antara mereka yang belum tahu secara pasti lokasi titik nol pembangunan IKN. Hanya memperoleh informasi lewat pemberitaan media massa. Dengan turut diikutsertakan, dapat mengetahui langsung lokasi titik nol serta bisa memutuskan langkah konkret harus diambil.Mulawarman

Tentunya dalam hal pengamanan saat pembangunan berjalan. Dalam momen itu, Pangdam Mulawarman terpantau sempat blusukan menembus kerimbunan pepohonan di kawasan Sepaku dan sekitarnya. Hal demikian harus dilakukan guna memastikan kontur medan saat menjalankan fungsi pengamanan.

Baca: Wako Dan Sekdako Ambil Sumpah Dan Serahkan SK, PNS Sawahlunto Formasi Tahun 2019

“Karena tidak bisa hanya melihat dari sisi jalan raya saja. Kita meyakinkan sampai masuk, mengenal kondisi medan. Makanya saya tadi dengan staf sampai masuk ke dalam,” bebernya. Soal mana saja yang disambangi, Teguh membeberkan beberapa titik yang menjadi fokus dalam kunjungannya kali ini, selain titik nol IKN.Mulawarman

Di antaranya, titik dibangunnya istana negara dan menara. Menara ini, kata Teguh, biasa digunakan oleh perusahaan untuk mengawasi perkebunan di sekitar. Terutama ihwal jika terjadi kebakaran.

“Sehingga dengan adanya kunjungan ini, kita juga tahu, di mana harus menempatkan posko-posko militer untuk mengamankan pembangunan IKN,” tandasnya. Pembangunan kawasan inti Ibu Kota Negara Nusantara akan dimulai Tahun 2022 ini. Lokasi titik nol Kota Nusantara ini terletak di Desa Tengin Kecamatan Sepaku PPU.

“Ya akan mulai bangun tahun ini,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kamis (27/1/2022). Kementerian PUPR mengusulkan anggaran Rp 46 triliun untuk pembangunan awal Nusantara di Desa Tengin, Kecamatan Sepaku Kabupaten PPU.

“Pertama kita bangun itu Istana Negara, gedung MPR DPR, sarana pendukung lain kebutuhan dasar seperti air dan listrik,” ujarnya. Pembangunan tahap awal ditargetkan selesai pada semester awal tahun 2024. Ketika ditanya kapan peletakan batu pertama, Basuki menjawab begitu anggaran keuangan sudah siap.

“Kalau uang sudah di atas meja baru kita bisa,” ujarnya. Adapun untuk grand desain pembangunan IKN, mengadopsi banyak bangunan di luar negeri, seperti Astana, ibukota negara Kazakhstan dan Canbera Australia. Kontur berbukit seperti inilah yang disukai para arsitektur. Lokasi ini sangat cocok dan indah buat ibu kota,” ujarnya. (bbm)*

- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -

Related News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.