Pembangunan Rumah Sakit Pratama Bintauna, Resmi Dimulai

350

 

Bolmut,suaraindonesia1- Layanan kesehatan menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat, yang menjadi prioritas perhatian Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Di antaranya, melalui fasilitas layanan kesehatan berupa rumah sakit. Kali ini Rumah Sakit (RS) Pratama di Kecamatan Bintauna yang dimulai pembangunannya. Ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Bolmut Depri Pontoh. Selasa 07/06/2022.

Bintauna merupakan satu kecamatan yang akses cukup jauh dari ibu kota. Dari itu lah, maka pembangunan rumah sakit merupakan hal yang sangat diharapkan masyarakat setempat.rumah

Untuk diketahui, pembangunan rumah sakit pratama Bintauna dilakukan melalui pembiayaan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022 sebesar 44..961.436.060 miliar dan Memanfaatkan lahan seluas 2 hektare milik Pemkab Bolmut.

Baca: Drs. Asra Lantik Fakhrurrazi Syamsuyar Menjadi Camat Karang Baru

“Saya atas nama Pemkab Bolmut, dengan ini menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmut, perwakilan DPR DPR RI, serta pemerintah pusat yang telah menganggarkan DAK, sehingga pada hari ini pembangunan rumah sakit pratama Bintauna dapat dimulai,” ujarnya.rumah

Bupati berharap, seluruh pihak mengawal proses pembangunan rumah sakit ini hingga selesai. Di mana diketahui pembangunan rumah sakit ini dimulai pada Juni dan ditarget selesai pada Desember 2022 mendatang.

Disebutkan, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI, Nomor 24 Tahun 2014, tentang rumah sakit kelas D Pratama, yaitu rumah sakit umum yang hanya menyediakan pelayanan perawatan kelas 3. Rumah sakit ini dibangun untuk peningkatan akses bagi masyarakat dalam rangka menjamin upaya pelayanan kesehatan perorangan yang memberikan pelayanan rawat inap, rawat jalan, gawat darurat, serta pelayanan penunjang lainnya.rumah

“Rumah sakit ini dibangun, dalam rangka peningkatan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama warga kurang mampu, utamanya di daerah terpencil dan perbatasan. Apalagi di Bintauna selama ini belum tersedia rumah sakit karena rumah sakit yang telah ada sulit dijangkau akibat kondisi geografis atau jarak tempuh yang lumayan jauh”, jelasnya.

Bupati meyakini, adanya rumah sakit pratama ini akan memudahkan masyarakat Kec Bintauna dan Masyarakat Kec tetangga, dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. “Terutama bagi masyarakat yang mendapatkan rujukan dari puskesmas untuk ke rumah sakit, tidak perlu jauh-jauh lagi ke rumah sakit Daerah ,” bebernya.

Bupati juga menambahkan, “terwujudnya pembangunan rumah sakit tersebut merupakan hasil kerja keras bersama”.

“Setelah beberapa tahun diupayakan hari ini bisa dimulai. Mari kita kawal bersama semoga lancar dan segera bisa melakukan pelayanan kesehatan khususnya bagi masyarakat Kec Bintauna dan masyarakat Kec tetangga seperti Kec Sangkub dan Kec Bolangitang Timur,” tutupnya.

Terpantau oleh media ini,Turut Hadir dalam acara peletakan batu pertama Rumah Sakit Pratama adalah, Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Amin Lasena, M.Ap., Kapolres Bolmut AKBP. Wahyu Purwidiraso SIK, SH., Yang Mewakili Kejari Bolmut, Para Anggota DPRD Kab. Bolmut, Sekretaris Daerah Kab. Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS.,Dirut PT. Multikarya Utama Jaya Ibu Vera Assa bersama rombongan, Staf Ahli/Staf Khusus Bupati, Pimpinan OPD terkait, Camat dan Sangadi, serta Seluruh Undangan.

Pewarta_Fikrianto Maasum

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.