Exclusive Content:

PT. DDP Bangun 3 Halte Sekolah di Ipuh 

Perusahaan Perkebunan Sawit PT. Daria Dharma Pratama (PT. DDP)...

Dharma Bhakti TMMD Wujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah

Dengan mengusung Dharma Bhakti  TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di...

Wartawan Luak Limopuluah ” Todong” Wahyudi Thamrin Ikuti Konstetasi Pilwako Payakumbuh 2024- 2029

Wartawan Luak Limopuluah pantas acungkan jempol atas kemunculan Wahyudi...
BerandaDAERAHPemkot Sawahlunto Minta Dukungan Pada Dinas Kehutanan Sumbar, Untuk Pengembangan Madu

Pemkot Sawahlunto Minta Dukungan Pada Dinas Kehutanan Sumbar, Untuk Pengembangan Madu

Author

Date

Category

 

Sawahlunto, Suaraindonesia1 – Pemko Sawahlunto meminta dukungan dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat untuk pengembangan budidaya lebah madu hutan.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta,SH mengatakan dia telah menemui Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar dan jajaran di Padang, Selasa 06 Januari 2022 untuk mengekspose potensi lebah madu hutan di kota itu dan menyampaikan skema dukungan yang diperlukan Pemkot dari Pemprov.

Baca: Pemkab Solok Selatan Terima 4 Unit MikroBus Dari Kemendes 

 

“Kami ingin Sawahlunto menjadi pusat/sentra madu, tidak hanya madu lebah hutan tapi juga madu lebah galo-galo (kelulut). Untuk itu kami perlu dukungan dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar, bisa dalam bentuk bantuan koloni lebah maupun jenis bantuan lain yang terkait,” ujar Wali Kota Deri Asta menjelaskan.

Wali Kota mengatakan Sawahlunto memiliki potensi besar dalam pembudidayaan lebah madu, salah satunya dari keberagaman tanaman di hutan yang merupakan bahan makanan dari lebah itu.

“Kemudian juga sudah ada sejumlah warga yang membudidayakan lebah madu ini, ada yang hasil panennya melebihi target ada juga yang masih rata-rata. Tapi artinya ini sudah merupakan permulaan yang baik, tinggal sentuhan dan dukungan dari Pemkot dan Pemprov dalam mengoptimalkan potensi yang ada ini,” kata Wali Kota.

Wali Kota Deri Asta,SH menyebut Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah pun sudah ‘merestui’ permintaan Kota Sawahlunto untuk pengembangan potensi budidaya lebah madu ini.

“Bapak Gubernur dalam suatu kesempatan diskusi bersama kami sudah menyetujui. Jadi koordinasi ke Dinas Kehutanan Sumbar ini dalam tindak lanjut persetujuan pak Gubernur sehingga bisa disinkronkan dengan Program Unggulan (Progul) Pemprov Sumbar,” kata Wali Kota.

Sementara, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar Yozarwardi seperti yang disampaikan Wali Kota Deri Asta menyatakan bersedia mendukung permintaan Pemkot Sawahlunto itu.

“Bapak Kepala Dinas Kehutanan menyatakan bersedia dan segera mengkaji usulan tersebut agar bisa segera direalisasikan,” pungkas Wali Kota. (An)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Recent comments