Polda Kaltim Bentuk Satgas Nusantara Mahakam, Untuk Pengamanan IKN

SuaraIndonesia1.id, Balikpapan, – Daerah Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur (Kaltim) membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) pengamanan wilayah ibu kota negara (IKN) di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) selama satu tahun ke depan.

Tim Satgas yang diberi nama Nusantara Mahakam ini dibagi dalam beberapa regu yang secara bergantian mengamankan wilayah IKN setiap 10 hari sekali.Satgas

“Tugas mereka mengamankan wilayah IKN jangan sampai ada permasalahan. Karena itu (wilayah) prioritas negara kan,” ungkap Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/2/2022).

Baca: Sebanyak 45 Bintara Remaja Polres Yapen Di Latih.

Pengamanan ini, kata Yusuf, akan dilakukan selama satu tahun ke depan. Masing-masing regu secara bergantian piket menjaga wilayah IKN setiap hari.

Dijelaskan Yusuf pengamanan tersebut selain memastikan wilayah IKN yang sudah ditetapkan melalui UU Nomor 3/2022 tentang IKN.

Tim Satgas Nusantara Mahakam juga akan mengawal pembangunannya dari gangguan dan masalah di lapangan seperti sengketa tanah maupun penguasaan tanah oleh oknum tertentu.

“Kami akan kawal pembangunan serta melakukan pola deteksi dini di lokasi,” tegas dia. Hal tersebut dalam rangka tindakan prefentif dan penegakan hukum. (bbm)

- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -

Related News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.