PPWI Wacanakan Luhkum Bagi Kepala Desa, Sekda Pulpis : Kami siap mendukung.

 

Pulang Pisau – Suaraindonesia1, Bertempat di Aula Kantor Diskominfo Kabupaten Pulang Pisau, Jl.Trans Kalimantan, Rabu 2/2/2022.
Dewan Pengurus Cabang Persatuan Pewarta Warga Indonesia ( DPC -PPWI) Kabupaten Pulang Pisau melaksanakan Kunjungan Silaturahmi.

Kedatangan Pengurus PPWI tersebut dsambut langsung oleh Sekretaris Daerah ( Sekda ) Kabupaten Pulang Pisau, Tony Harisinta, Kepala Inspektorat,Sapri Junjung Serta Kepala Dinas komunikasi, Informasi, statistik dan Persandian ( Diskominfo) Moh.Insyafi beserta Jajaran.

Baca: Gardu Meledak 2 Kali, Mengakibatkan Listrik Pasar Girian Padam

Pada kesempatan tersebut, Ketua PPWI Pulang Pisau Riduan A.Karim Menyampaikan keprihatinanya terhadap adanya Kasus Penyalahgunaan Dana Desa ( DD) dan Alokasi Dana Desa ( ADD) di beberapa Desa yang ada di wilayah Kabupaten Pulang Pisau yang mana menurutnya Kejadian tersebut cukup menyita Perhatian Publik.

” Seperti halnya yang terjadi di Kabupaten Pulang Pisau ini, Hanya Dalam Satu Tahun sudah ada Dua Kepala Desa yang di Proses Secara Hukum oleh Pihak berwenang keduanya terbukti melakukan Penyalahgunaan Dana Desa, ini tentu menjadi Perhatian Publik ” Ungkap Riduan A.Karim .

Riduan menambahkan, Terkait Polemik masalah itu Sebagai Organisasi Pers dan selaku Kontrol Sosial Sebagaimana amanat Undang -Undang yang ditetapkan tentu merasa terpanggil untuk membantu Pemerintah Daerah ( Pemda) guna meminimalisir badan memberikan pemahaman hukum bagi Setiap Kepala Desa antara lain dengan menyelenggarakan bimbingan teknis atau Penyuluhan Hukum ( luhkum) tentang Penerapan Penggunaan Dana Desa ( DD) sesuai Juknis dan Juklak yang sudah ditentukan, agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

” Sebagaimana intruksi Presiden RI beberapa waktu lalu, peran serta masyarakat dalam Melakukan Pengawasan Dana Desa sangat diharapkan, guna mendukung program pemerintah terhadap realisasi DD tepat guna dan tepat Sasaran ” lanjutnya.

Beberapa upaya Pemkab Pulang Pisau dalam melakukan Sosialisasi , baik berupa Kegiatan Penyuluhan , Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa, serta berbagai macam kegiatan lainya tentu sudah maksimal, akan tetapi menurut Ketua PPWI Pulang Pisau ini , Penyuluhan Hukum tentang Tata Kelola Keuangan sesuai Juknis dan Juklak serta tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku juga harus lebih ditingkatkan lagi, khususnya peningkatan Sumber daya Manusia (SDM) dari Segi Pemahaman Tata kelola Keuangan ini Harus benar -benar di fahami Setiap Kepala Desa.

” Mungkin dari Pemkab Pulpis khususnya DPMD Sendiri Sudah maksimal melakukan Upaya Sosialisasi melalui berbagai program baik Pencegahan, Pembinaan, Bahkan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa, Akan tetapi menurut kami Penyuluhan dari segi Pemahaman Hukumnya Juga perlu ditingkatkan lagi, karena disinilah letak Masalahnya ” tambahnya.

Selanjutnya Kata Riduan terkait Narasumber pihaknya akan mengundang pihak berwenang baik dari Kejaksaan/ Polri bahkan lembaga lainya yang membidangi Permasalahan Hukum.

Pada kesempatan tersebut Bupati Pulang Pisau, Pudji Rustaty Narang Melalui Sekretaris Daerah
Tony Harisinta, didampingi Kepala Inspektorat Sapri Junjung , Kepala Diskominfo Mohammad Insyafi, Menyambut baik Terkait Wacana Penyluhan Hukum bagi Kepala Desa yang direncanakan digelar di Tahun 2022 ini.

” Kami selaku Pemerintah Daerah menyambut baik, rencana Rekan-rekan Pers yang tergabung di PPWI Pulang Pisau ini, kami akan berkordinasi dengan instansi terkait, pada intinya kami Mendukung Program Positif seperti ini, Sambut Sekda

Sekda menambahkan terkait rencana Penyuluhan Hukum bagi Kepala Desa yang digagas oleh PPWI Pulang Pisau tersebut merupakan terobosan positif yang Harus didukung oleh instansi terkait.

” Masalah ini nanti Kita akan Kordinasikan dengan bagian Hukum Pemkab dulu ,adapun untuk Proses Pelaksanaannya tentunya perlu di Kordinasikan dengan pihak DPMD selaku OPD yang membidangi ” ujar Sekda.

Selain Membahas Maslah Penyuluhan Hukum, Pengurus PPWI Pulang Pisau juga menyampaikan beberapa Aspirasi terkait kegiatan Organisasi PPWI, antara lain Kegiatan rutin bhakti Sosial dengan tema “PPWI Peduli ” serta beberapa kegiatan lainya yang berhubungan dengan Kerjasama Kemitraan dibidang Informasi dan Publikasi.

Kegiatan Silaturahmi PPWI tersebut di pimpin langsung oleh Kepala Diskominfo Moh.Insyafi ini berjalan lancar dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan .
( red)

Must Read

Related News

Raker dengan KPU dan Bawaslu, Senator DPD RI Fernando Sinaga Desak Penyusunan PKPU Dipercepat

  Jakarta – Suaraindonesia1, Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggelar Raker dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum...

Guna Mengoptimalkan Pembangunan Sumbar, Ketua DPRD dan Gubernur Bertemu Perantau

  PADANG- Suaraindonesia1, Bahas sejumlah isu strategis untuk mengoptimalkan pembangunan daerah, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi beserta Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansarullah, adakan pertemuan...

LaNyalla: Harga Bahan Pokok Tak Stabil di Surabaya Ganggu Roda Perekonomian

  SURABAYA - Suaraindonesia1, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memberikan perhatian terhadap harga sejumlah bahan pokok di Surabaya, Jawa Timur, yang sangat fluktuatif. LaNyalla...

Bareskrim Polri Ungkap Sindikat Penyalahgunaan BBM Solar di Pati

  Pati,Suaraindonesia1 - Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri ungkap sindikat penimbunan BBM jenis solar bersubsidi. Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto memimpin press release kasus penyalahgunaan...

Canangkan Program BIAN, Di Kecamatan Taliabu Timur Selatan, Sejumlah Pihak Komitmen Bersama

  Taliabu | Suaraindinesia1.Id - 24/05/2022 Program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) untuk 9 Desa di wilayah kerja Puskesmas Losseng , kecamatan Taliabu Timur Selatan,...

495 Gambar Mural Ikonik Jakarta Mulai Hiasi Tembok Pembatas Jalan RE Martadinata

  Jakarta.SuaraIndonesia1 - Mural Ikonik Jakarta mulai menghiasi tembok pembatas jalan di sepanjang Jalan RE Martadinata, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Ditargetkan terdapat 495 gambar yang...

Perumda Delta Tirta Ulang Tahun Yang Ke-44, Masyarakat diguyur Promo Layanan

  SIDOARJO, suaraindonesia1 - terhitung masi 2 bulan lagi tepatnya 05/07/22 Perumda Delta Tirta Ulang Tahun ke 44 namun masyarakat Sidoarjo sudah merasakan sensasi kebahagiaan...

SBY Beri Bantuan untuk Pacitan di Porprov Jatim, LaNyalla: Kepedulian yang Harus Ditiru

  SURABAYA – Suaraindonesia1, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memberikan apresiasi kepada Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), atas kepeduliannya terhadap olahraga,...

Viral… Gerbang Tol Tomang Terjadi Tindak Kekerasan 2 Pengemudi Mobil Mewah

  JAKARTA, Suaraindonesia1, Kasus dugaan tindak kekerasan yang dilakukan pengemudi mobil Pajero kepada pengemudi mobil Yaris di gerbang Tol Tomang, Jakarta Barat dan viral di...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.