Exclusive Content:

PT. DDP Bangun 3 Halte Sekolah di Ipuh 

Perusahaan Perkebunan Sawit PT. Daria Dharma Pratama (PT. DDP)...

Dharma Bhakti TMMD Wujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah

Dengan mengusung Dharma Bhakti  TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di...

Wartawan Luak Limopuluah ” Todong” Wahyudi Thamrin Ikuti Konstetasi Pilwako Payakumbuh 2024- 2029

Wartawan Luak Limopuluah pantas acungkan jempol atas kemunculan Wahyudi...
BerandaDAERAHPTBA-PO Bantu Mesin Pengolahan Biji Kopi Untuk Kelompok Tani Muaro Kalaban Kota...

PTBA-PO Bantu Mesin Pengolahan Biji Kopi Untuk Kelompok Tani Muaro Kalaban Kota Sawahlunto

Author

Date

Category

 

Sawahlunto, Suaraindonesia1 – PT. Bukit Asam Pertambangan Ombilin (PTBA-PO) memberikan bantuan mesin pengolah biji kopi kepada Kelompok Tani Tunas Baru Desa Muaro Kalaban, Kota Sawahlunto.

General Manager PTBA-PO Yulfaizon mengatakan mesin pengolah biji kopi itu berfungsi untuk membuat bubuk kopi.

Baca: Pemkab Solok Selatan Terima 4 Unit MikroBus Dari Kemendes 

 

“Kami dalam tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) membantu petani kopi ini dengan tujuan agar terjadi peningkatan hasil panen dari awalnya hanya biji sekarang sudah menjadi bubuk. Ini memberikan dampak naiknya harga jual, sehingga kesejahteraan petani ikut terbantu,” jelas Yulfaizon.

Yulfaizon menyebut selain bantuan mesin pengolah biji kopi yang diserahkan secara simbolis pada Senin 03 Januari 2022 itu, PTBA-PO juga membantu petani kopi Keltan Tunas Baru dengan membawa mereka studi banding ke perkebunan dan pengolahan kopi di Semende Provinsi Sumatera Selatan.

Ketua Keltan Tunas Baru Abi Candra menyampaikan terima kasih kepada PTBA-PO, sebab bantuan yang diberikan sangat meningkatkan produktifitas dan nilai jual.

“Dulu kami mencoba untuk mengolah biji kopi ini menjadi bubuk dengan menggunakan blender. Tentu saja tidak maksimal hasilnya, kini dengan mesin dari PTBA-PO ini tentu jadi optimal,” kata Abi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sawahlunto, Heni Purwaningsih mengatakan total luasan lahan yang digarap Keltan Tunas Baru ini adalah 8 hektar.

“Mereka rutin panen sekali dua minggu. Kalau untuk satu musim panen atau sekali enam bulan, itu hasil panennya bisa mencapai 1,5 ton,” kata Heni.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan terima kasih kepada PTBA-PO dan mengatakan bantuan mesin pengolah biji kopi itu telah melengkapi bantuan lainnya dari Pemkot Sawahlunto.

“Ini sinergi dalam mendukung optimalisasi pertanian kopi Keltan Tunas Baru. Dari Pemkot Sawahlunto itu ada beberapa bantuan, diantaranya membuka akses jalan menuju lahan pertanian tersebut,” kata Wali Kota. (An)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Recent comments