Exclusive Content:

Distan Mukomuko Rutin Salurkan Bantuan Benih Padi ke Petani

Mengantipasi ancaman krisis pangan global, pemerintah Kabupaten Mukomuko  melalui...

Distan Mukomuko Rehab RPH di Padang Penaek

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu pada tahun...

Ketua PABPDSI Kecamatan Terpilih, Zoelnasti : Saya Akan Kuatkan Struktur BPD (Bamus)

Ketua PABPDSI Kecamatan terpilih : Saya Akan Kuatkan Struktur...
BerandaIBU KOTARoy Suryo Dituntut 1 Tahun 6 Bulan Penjara dan Denda 300 Juta

Roy Suryo Dituntut 1 Tahun 6 Bulan Penjara dan Denda 300 Juta

Author

Date

Category

 

Jakarta, suaraindonesia1.id – Telah dilaksanakan persidangan dalam Perkara Terdakwa KRMT Roy Suryo Notodiprojo yang didakwa dengan dakwaan alternatif PERTAMA Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 A Undang- Undang Nomor 19, Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Kedua Pasal 1 56a, Kitab Undang-Undang Hukum Pidana atau Ketiga Pasal 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946, tentang Peraturan Hukum Pidana. Sidang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Kamis (15/12/2022).

Proses persidangan berjalan selama 2 bulan, dimana Jaksa Penuntut Umum (JPU ) dalam proses pembuktian telah menghadirkan 10 orang saksi dan 5 orang ahli, serta alat bukti pendukung lainnya.Tahun

Majelis hakim yang mulia juga memberikan kesempatan kepada terdakwa untuk menghadirkan saksi dan ahli yang meringankan bagi terdakwa sebanyak 5 orang saksi yang meringankan dan 5 orang saksi ahli yang meringankan bagi kepentingan pembelaan diri terdakwa terhadap pasal yang didakwakan oleh Penuntut Umum guna tercapainya peradilan yang adil ( fair trial ), majelis hakim yang mulia memberikan kesempatan yang sama bagi terdakwa dan penasehat hukum guna mengajukan pembelaan.

Baca: Ketua DPD RI: Banyak yang Belum Paham Perjuangan Mengembalikan UUD 1945 ke Naskah Asli

Dalam proses persidangan terungkap, terdakwa secara sadar melakukan Qoute tweet/mengutip tweet gambar stupa yang merupakan simbol suci Agama Buddha yang telah diedit menjadi gambar yang bukan sebenarnya, yaitu figur Patung / Rupang yang berwajah selain Buddha yang bersumber dari akun @fly_free_DY, terdakwa juga turut menambahkan kalimat terhadap gambar stupa tersebut dengan caption/kalimat “Mumpung akhir pekan yang ringan-ringan saja Twit-nya.”RS.Tahun

Sejalan dengan protes “Kenaikan Harga tiket naik Candi Borobudur ( dari 50 rb ) ke 750 rb (sh sewarasnya ) DITUNDA itu. Banyak kreativitas Netizen mengubah salah satu Stupa terbuka yang ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x AMBYAR”.

Dalam persidangan hari ini, Penuntut Umum mengagendakan pembacaan tuntutan terhadap terdakwa, dimana menurut Penuntut Umum, terdakwa telah melakukan Tindak Pidana sebagaimana dalam Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45 A Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, sesuai dakwaan alternatif pertama.”jelasnya

“Setiap orang, dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas Suku, Agama, Ras, dan antar golongan ( SARA )”, dengan Menjatuhkan Pidana penjara terhadap Terdakwa KRMT Roy Suryo Notodiprojo selama 1 (satu) tahun dan 6 (enam) bulan, dan denda sebesar Rp,- 300.000.000,- ( tiga ratus juta rupiah ), Subsider 6 (enam ) bulan kurungan, dikurangi dengan masa penahanan yang telah dijalani oleh terdakwa, dengan perintah terdakwa tetap ditahan.

Dalam menjatuhkan tuntutan, Penuntut Umum mempertimbangkan beberapa aspek, salah satu aspek yang memberatkan terdakwa : Perbuatan terdakwa melakukan Quotweet melalui media sosial Twitter dapat menyebabkan rusaknya kerukunan umat beragama dalam bingkai kebhinekaan, dimana terdakwa, tidak mencerminkan dirinya selaku tokoh masyarakat atau ahli Telematika atau orang yang berlatar belakang pendidikan tinggi yang memahami etika dalam bermedia sosial serta terdakwa mengingkari perbuatannya, dan perbuatannya seolah-olah hal yang biasa dan memberikan apresiasi terhadap kreativitas yang berlebihan yang menyinggung perasaan umat beragama.
Segi meringankan diri terdakwa belum pernah dihukum.

Persidangan kali ini dilaksanakan secara online, dimana terdakwa hadir dipersidangan melalui saran virtual, sedangkan Penuntut Umum dan Penasehat hukum terdakwa hadir secara fisik di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Sebagaimana penetapan sidang yang dikeluarkan oleh Ketua Majelis Hakim yang mulia ketika sebelum menutup sidang terdahulu dengan agenda pemeriksaan terdakwa. Sidang akan dilanjutkan pada hari Jum’at, tanggal 22/12/2022.”tutupnya.

Reporter, Jp

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Recent comments