Sekolah Alam Rasa Wisata, Launching Eco Bike Ainur Rahmah

223

 

PASBAR – Suaraindonesia1, Sekolah Alam Rasa Wisata, Launching Eco Bike Ainur Rahmah yang dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pasaman Barat dan acara Launching ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dasar kepariwisataan di kalangan pelajar sejak dini.

Launching Eco Bike Ainur Rahmah, yang dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pasaman Barat pada hari Selasa, (02/08/2022) ini, terlihat juga pihak Dispar melakukan pengenalan dan sosialisasi tentang pentingnya Sadar Wisata di lingkungan Sekolah Rasa Wisata, Sekolah Bahagia SD Alam Qu Ainur Rahmah.eco bike

Launching Eco Bike tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Decky Harmiko Sahputra, S.H. Sekretaris Dinas Pemuda & Olahraga Pasaman Barat, Eni Syahfitri dan Wali Nagari Aia Gadang, Jamaris, serta Kepala Jorong Batang Lingkin, Afirman tak ketinggalan pengurus komunitas Goes Santai Pasaman Barat, Ucok Nusantara, juga menghadirkan siswa-siswi SD Alam Qu Ainur Rahmah yang didampingi oleh pengurus yayasan dan para guru.

Baca: KPU Pohuwato Mulai Sosialisasikan Tahapan Bagi Peserta Pemilu

Kepala Dispar Pasbar, Decky H. Sahputra menyampaikan, sosialisasi pengetahuan dasar kepariwisataan ini merupakan sow Eco Bike Ainur Rahmah, hingga kegiatan Goes to School kedepannya,diharapkan dapat meningkatkan pemahaman sadar wisata bagi para siswa sejak dini.eco bike

Menurut Decky, saat ini 70 persen pecinta traveling adalah kalangan milenial, makanya diharapkan kalangan milenial yang di awali dari usia dini ini, harus mampu ikut berperan aktif, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam bentuk mempromosikan pariwisata.

Decky menyampaikan, Sadar wisata dapat didefinisikan sebagai sebuah konsep yang menggambarkan partisipasi dan dukungan SEGENAP komponen masyarakat, termasuk anak -anak didik sejak dari pendidikan dasar, agar anak-anak usia dini sebagai cikal bakal milenial kedepannya mampu menciptakan iklim yang kondusif untuk pengembangan kepariwisataan di bumi mekar tuah basamo ini.eco bike

” melibatkan pelajar untuk ikut hadir dalam menumbuh kembangkan sadar wisata sejak dini, tentu ke depan akan memberikan harapan bagaimana lahirnya destinasi wisata yang unggul di Pasaman Barat,” terang Decky.

Dikatakannya, Dinas Pariwisata akan membantu fasilitas pelajar untuk program sadar wisata berupa pengenalan olahraga air, udara dan lainnya.

Disebutkannya, sapta pesona sebagai inti dari gerakan sadar wisata, ternyata di sekolah sudah diaplikasikan melalui program yang biasa disebut K3 yakni kebersihan, ketertiban, dan keamanan.

Decky menjelaskan, pengembangan kepariwisataan harus melibatkan semua pihak agar bisa optimal.

“Bagaimana suatu daerah kalau tidak aman, tidak tertib, tidak bersih, tidak indah, tidak sejuk, tidak ramah dan tidak ada kenangan sebagai unsur sapta pesona, tentu orang berfikir untuk datang ke daerah itu,” jelasnya.

Harapannya, dengan dilibatkannya siswa, terutama para guru dalam sosialisasi sadar wisata, tentu ini sangat penting, sebab guru yang merupakan panutan siswa akan mampu menggelorakan semangat sadar wisata dan sapta pesona di satuan pendidikannya.

“satuan pendidikan melalui guru, tentu bisa melaksanakan program-program kunjungan wisata, maupun penelusuran terkait dengan daya tarik wisata alam, daya tarik wisata budaya, daya tarik wisata buatan, termasuk daya tarik Eco Bike melalui goes santai dan lain sebagainya,” terang Decky.

Sementara sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga, Eni Syahfitri menyampaikan Dispora siap memfasilitasi bantuan kebutuhan olahraga Sekolah Rasa Wisata seperti yang sudah dijalankan saat ini dengan program Eco Bike Ainur Rahmah.

Eni berharap,Ainur Rahmah ke depan akan lebih maju lagi dan berkembang sesuai dengan program unggulannya ini.

Hal senada disampaikan oleh Wali Nagari Aia Gadang, Jamaris disamping itu Jamaris juga merasa bangga dengan adanya Launching Eco Bike Ainur Rahmah ini.

Jamaris juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Ainur Rahmah di Nagari Aia Gadang sebagai sekolah pertama yang menginisiasi Sekolah Rasa Wisata di kabupaten Pasaman Barat khususnya di Nagari Aia Gadang kecamatan Pasaman ini.

Demikian juga Ketua Komunitas Goes Santai Pasaman Barat , Hadi, S. atau yang akrab disapa dengan panggilan Ucok Nusantara ini, ia merasa bangga dan tidak menyangka ternyata, ada sekolah alam seperti Sekolah Bahagia SD Alam Qu Ainur Rahmah di Batang Lingkin ini.

Begitu Ucok Nusantara ini melihat suasana sekolah dengan nuansa alam yang asri dan dilengkapi dengan fasilitas track sepeda yang begitu baik hingga menyenangkan bagi penggunanya, Ucok spontan menganjurkan agar Sekolah Rasa Wisata dapat mengadakan event yang terbuka untuk umum yang bekerja sama dengan Dispar dan Dispora termasuk Disdik.

Harapannya, melalui event yang terbuka untuk umum ini, maka Sekolah Bahagia SD Alam Qu Ainur Rahmah akan dapat lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas, hingga dapat menarik minat masyarakat khususnya orang tua untuk hadir dan menitipkan anaknya untuk hadir menimba ilmu di Sekolah Rasa Wisata ini.

Keterangan foto :
1. Ucok Nusantara saat mencoba fasilitas track sepeda
2. Kadis Wisata saat melepas peserta goes santai
3. Decky saat launching Eco Bike
4. Peserta goes santai di Sekolah Bahagia SD Alam Qu Ainur Rahmah.

 

(Zoelnasti)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.