Syech Fadhil Sambangi Ulama Kharismatik dan Politisi Aceh, Ada Apa?

123
Fadhil

 

BANDA ACEH – Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, menyambangi satu persatu ulama kharismatik di Aceh selama beberapa pekan terakhir. Ada apa?

Kegiatan ini dilakoninya mulai dari wilayah tengah, barat selatan hingga pesisir timur Aceh.

Terakhir, pada Selasa sore 2 Agustus 2022, pria yang akrab disapa Syech Fadhil ini juga bertandang ke komplek Dayah NURA, Sigli, Kabupaten Pidie.

Kedatangannya disambut langsung oleh pimpinan dayah setempat, Waled Rasyidin, Syech Fadhil turut membawa sejumlah kitab dan buku karangan para cendikiawan di Indonesia sebagai oleh-oleh untuk memperkaya koleksi perpustakaan dayah NURA.

Baca: Dengarkan Curhat Mahasiswa Papua, Sultan Minta Pemda dan Kemendikbud Siapkan Asrama Khusus

Sebagaimana yang diketahui, Waled NURA atau pimpinan Dayah NURA, merupakan salah satu inisiator pembentukan PAS (Partai Adil Sejahtera) Aceh.

“Ini hanya silaturahmi biasa. Saya terpilih karena dukungan besar para ulama di Aceh. Karenanya, sudah seharusnya mempererat silaturahmi ketika sedang berada di Aceh dengan mengunjungi para tuan guru kita,” katanya seusai pertemuan.

Sebelumnya, Senator yang identik dengan peci Alam Peudeung ini dilaporkan bersilaturahmi dengan politisi senior PKS, Nasir Djamil, di salah satu Warkop, Senin malam.

Pada hari yang sama, Syech Fadhil juga ngopi bersama dengan Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, yang juga Ketua PKS Banda Aceh.

Silaturahmi ini berlangsung di salah satu Warkop di Banda Aceh, Senin sore, 1 Agustus 2022. Pertemuan ini berlangsung hampir dua jam lamanya. Dari pukul 14.00 hingga 16.00 WIB.

Syech Fadhil, seusai pertemuan mengatakan bahwa ngopi bersama antara dirinya dengan Ketua DPRK Banda Aceh yang juga Ketua PKS Banda Aceh ini hanyalah silaturahmi biasa.

“Kebetulan saya sedang berada di Banda Aceh. Jadi kemarin itu, saya berkomunikasi dengan Pak Ketua untuk silaturahmi melalui handphone. Saat itu, beliau mengatakan sedang di luar Aceh. Nah, hari ini kita komunikasi lagi, kebetulan sama-sama sedang luar waktu dan akhirnya bertemu,” kata pria yang akrab disapa Syech Fadhil ini.

“Ini hanya silaturahmi biasa. Tidak ada kaitan dengan politik, walaupun kami adalah politisi,” ujarnya sambil tersenyum.

“Kita ketemu dan ngopi bersama. Kemudian membahas hal-hal yang ringan-ringan saja,” kata senator yang dekat dengan ulama dayah di Aceh ini lagi.

Di hari yang sama, Syech Fadhil juga bersilaturahmi dengan mantan Ketua Ombudsman RI perwakilan Aceh, Taqwaddin.

Kemudian melanjutkan silaturahmi singkat dengan Ketua PSSI Aceh, Nazir Adam, SE, MM. Nazir Adam adalah mantan wakil bupati Pidie yang juga politisi Partai Aceh.

Terakhir, Syech Fadhil juga berkunjung ke Kantor Hukum Nourman dan Rekan, milik Nourman Hidayat, pengacara yang juga pengurus PKS Aceh.

“Semua ini hanya silaturahmi semata. Karena silaturahmi memudahkan urusan dan memperpanjang umur,” kata Syech Fadhil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.