Temui Pimpinan Appsi Bitung, Samsudin Mengaku cinta pedagang.

 

Bitung – Suaraindonesia1, Deputi Bisnis PT. Pegadaian Persero Area Manado 2, Udin Hb Samsudin SE MM mengaku sangat menghormati dan mencintai profesi pedagang.

Terutama para pedagang 0dilingkungan pasar rakyat, yang selalu memiliki semangat dan daya juang tinggi, ditengah gempuran toko modern dan situasi krisis akibat pandemi Global. Hal ini ditegaskan Samsudin saat berdiskusi bersama Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia – DPD Appsi Kota Bitung, selasa 1 / 2-2022, dicafe Gade Pegadaian Bitung.Samsudin

Diskusi santai tersebut dihadiri Ketua Appsi KH. Ust. Hairruddin Bandu, Sekretaris Vanny Kaunang, dan Direktur Eksekutif Appsi Bitung H. Harsono Muhammad.

Baca: 5 Orang Presidium Terpilih, Musda II KAHMI Pasbar Sukses Digelar

Atas kecintaanya pada profesi pedagang, Samsudin yang dikenal memiliki berbagai konsep pemberdayaan UMKM tersebut, menawarkan sejumlah kerjasama dalam berbagai program kemitraan kepada pedagang pasar. Program tersebut bisa berbentuk pinjaman tanpa agunan ataupun kegiatan pendampingan usaha.

“Pedagang pasar membutuhkan bantuan permodalan dalam skema pengembalian yang lebih ringan. Karena situasi dan kondisi yang sangat sulit bagi pedagang”. Tegasnya. Menurutnya pedagang pasar kini sementara berjuang untuk

memulihkan diri,pasca pandemi yang dampaknya saja masih dirasakan. Ironisnya lanjut Samsudin, banyak pedagang dilevel ultra mikro kecil, justru diabaikan pihak perbankan karena ketidak mampuan memenuhi syarat formalnya. Samsudin menegaskan, dari data yang dimiliki pegadaian, sektor ultra mikro yg kesulitan tersebut berjumlah ribuan.

Dan mayoritas melakukan kegiatan usaha didalam pasar rakyat.
“ kerumitan pada proses administrasi terkadang sangat tidak menguntungkan pedagang pasar. Apalagi jika berbicara agunan aset”.

Katannya. karena itulah saya dan pegadaian akan hadir membangun skema pinjaman dan pendampingan usaha” kata Samsudin.

Samsudin yang mengaku cinta pedagang bahkan berniat membangun badan usaha sentra ekonomi kerakyatan, dan menyalurkan pinjaman permodalan dengan sumber pendanaan pribadi.

“Saya bertekad membangun sentra usaha mikro, dengan berbagai program yang menyentuh pedagang, dengan skema pendampingan dan pinjaman dari kantong saya sendiri” tegasnya kepada pimpinan Appsi.

Ketua Appsi Bitung KH. Ust Hairruddin Bandu S.sos menyambut gembira program2 PT. Pegadaian. “sepanjang untuk kepentingan pedagang, maka Appsi akan selalu memberikan dukungan.

Bandu bahkan menegaskan, akan menyiapkan instrumen usaha ditingkat pedagang, yakni Koperasi Pasar Appsi untuk melakukan pendampingan program tersebut. Pada akhir pertemuan, Appsi dan Pedagang dipastikan menyepakati penanda tanganan komitmen kerjasama, yg tehknisnya sedang disiapkan.

(Aten SK)

- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -

Related News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.