Tengok Kemeriahan Pembukaan Festival Pesona Pantai Pohon Cinta Hari Ini

Suaraindonesia1, Pohuwato – Pembukaan Festival Pesona Pantai Pohon Cinta (FP3C) hari ini, Selasa (22/02/2022), berlangsung meriah dengan berbagai kegiatan dan penampilan parade budaya dan tarian adat dari tiap daerah yang berada di Kawasan Teluk Tomini.

Kegiatan yang diawali dengan pembukaan secara resmi menggunakan alat musik tradisional Gorontalo “Polopalo” oleh Direktur Event Daerah Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenprekraf), Reza Fahlevi ini berlangsung sukses meski sempat diguyur hujan.

Ada beberapa daerah di Kawasan Teluk Tomini yang turut ambil bagian mengirimkan perwakilan seperti Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Kabupaten Sigi, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dan beberapa Kabupaten di wilayah Provinsi Gorontalo.

Festival
Parade budaya dalam Festival Pesona Pantai Pohon Cinta (Foto: Suaraindoneasa1/Abd)

Parade dan tarian adat yang dibawakan dengan sangat apik oleh para penari dari Sanggar Pogogusaka (Bolmut), Tomini Fasion Carnival (Kabupaten Parimo) dan tuan rumah Pohuwato Fashion Carnival (Kabupaten Pohuwato) menambah semarak acara ini.

Terlihat dari sorak-sorak para pengunjung dan tamu undangan yang hadir melihat penampilan dan kostum busana yang dikenakan oleh peserta parade dengan tema Wonderful Indonesia.

Festival
Penampilan tarian adat dalam Festival Pesona Pantai Pohon Cinta (Foto: Suaraindonesia1/Abd)

Festival Pesona Pantai Pohon Cinta sendiri nantinya akan dimasukan kedalam kalender Event Nasional atau Calender of Event (CoE) Kemenparekraf yang akan diselenggarakan tiap tahun.

Hal tersebut seperti harapan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato yang terus berjuang memajukan potensi wisata di daerahnya demi kemajuan ekonomi masyarakat.

“Dari segi potensi wisata, Pohuwato telah menetapkan 25 desa wisata, tiga diantaranya adalah pantai wisata pohon cinta, pantai libuo dan torosiaje,” ujar Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, dalam sambutannya.

Sehingga dengan adanya event daerah seperti Festival Pesona Pantai Pohon Cinta ini dapat menggeliatkan kembali perputaran ekonomi yang sempat lesu akibat hantaman pandemi Covid-19.

Festival
Suasana pengunjung saat memeriahkan Festival Pesona Pantai Pohon Cinta (Foto: Suaraindonesia1/Abd)

Dengan tema “Pohuwato Sehat, Ekonomi Bergeliat” dan berkaca dari tingkat kunjungan pada Tahun 2019 sebanyak 37.000 (Tiga puluh tujuh ribu) pengunjung, maka sektor Pariwisata ini menjadi perhatian dalam masa kepemimpinan Saipul A. Mbuinga – Suharsi Igirisa (SMS) yang baru berusia 1 Tahun.

“Pengembangan wisata menjadi program kami,” tutur Bupati saipul.

Selain penampilan parade dan tarian yang mengundang decak kagum. Para pengunjung juga disuguhkan dengan bazar UMKM yang menawarkan jajanan pangan khas daerah dan sajian kuliner khas ikan.

Festival
Penampilan parade fashion carnival oleh perwakilan Kabupaten Parimo (Foto: Suaraindonesia1/Abd)

Kegiatan ini sendiri masih akan berlangsung hingga tanggal 27 Februari 2022 dengan serangkaian  kegiatan seperti :

1. Gateball. 2. Fun fishing Lahe. 3. Bupati cup 4. Pentas seni dan budaya. 5. Tabligh dan dzikir. 6. Sunatan masal dan operasi bibir sumbing.

Selain itu, untuk pengunjung yang datang tetap harus mematuhi Protokol Kesehatan (Protkes) dan sudah memiliki surat keterangan vaksin dosis dua. (Abd)

- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -

Related News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.