Tertarik Tenun, Ketua Dekranasda Lampung dan Desainer Nasional Didiet Maulana Kunjungi Pengrajin Tanggamus

SuaraIndonesia1.id. Sumberejo — Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Hj. Riana Sari Arinal, bersama Desainer Nasional Didiet Maulana, dan Pengurus Dekranasda Provinsi Lampung, mengunjungi Pengrajin Tenun di Dusun Sailing, Pekon Sumbermulyo, Kecamatan, Sumberejo, Rabu (24/11/21).

Kedatangan Hj. Riana dan rombongan disambut langsung oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Tanggamus Ny. Nuraini Hamid Lubis, Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati, Kepala Dinas Koperindag, Camat Sumberejo, serta jajaran Dekranasda Tanggamus.
Hj. Riana dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat secara langsung tenun Lampung yang menurutnya sangat luar biasa dan menginspirasi, serta banyak inovasi yang dilakukan oleh para pengrajin tenun tersebut. Ia berharap kepada para pengrajin dapat lebih semangat, dan dapat lebih berkreasi.

Ketua
“Karena kita inginnya, tenun Lampung ini tidak hanya pasarnya di Lampung saja. Tetapi kita inginkan pasarnya di skala nasional bahkan internasional. Nah tentu beda pasarnya nasional maupun internasional, tentu harus premium, dan kalau kita lihat itu sangat berpotensi sekali, itu yang harus dijaga,” harapnya.

Ketua

Beliau juga mengungkapkan rasa bangganya atas adanya talenta para penenun muda, yang akan melestarikan kebudayaan Lampung.
“Ditahun depan, Dekranasda Lampung kembali akan berkolaborasi dengan desainer kondang, yakni Didiet Maulana dengan seluruh perajin yang telah dibina.”

Baca: Puluhan Kios Hangus Terbakar di Pasar Bawah

“Misalnya ada salah satu perajin yang bisa membuat tas, dan ada satu perajin yang bisa membuat tapis. Nanti akan berkolaborasi, sehingga tas tersebut ada sentuhan tapisnya. Tentunya bentuk dukungan kami, insyallah jika pandemi ini telah usai, akan Saya programkan untuk pameran di Jakarta, dan luar negeri, karena promosi sangat penting,” tandasnya.

Sementara Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani menyampaikan rasa gembiranya atas apresiasi fan kunjungan dari Ketua Dekranasda Provinsi Lampung dan Desainer Didiet Maulana.

“Suatu kebanggaan serta peluang bagi Kabupaten Tanggamus telah dikunjungi oleh Ketua Dekranasda dan Desainer kondang Didiet Maulana, untuk lebih memperkenalkan lagi hasil produk kerajinan yang merupakan komoditi budaya asli dari Tanggamus dan melebarkan pangsa pasar baik ditingkat nasional maupun internasional.”

“Dan kami juga selama ini mendapatkan arahan, kemudian binaan dari Ketua Dekranasda Lampung, dan saya mengucapkan terimakasih kepada pengurus Dekranasda Tanggamus, yang selama ini bersemangat dan bersinergi dengan baik dengan seluruh pihak, sehingga produk kerajinan dari Tanggamus lebih bervariasi lagi, lebih baik lagi kualitasnya, lebih dikenal oleh pangsa pasar lebih luas, sehingga ini pada saatnya nanti, menjadi sumber pendapatan menjanjikan dan meningkatkan taraf kesejahteraan bagi pengrajinnya,” kata Bupati.

Selanjutnya Ketua Dekranasda Tanggamus Ny. Nuraini Hamid Lubis, menyampaikan harapannya agar melalui kunjungan tersebut dapat memberikan motivasi dan semangat kepada para pengrajin di Kabupaten Tanggamus.

“Pengrajin tapis juga ada juga di Talangpadang, Gunungalip, Pulaupanggung, dan Kecamatan Semaka. Namun kalau khusus Tenun hanya ada di Kecamatan Sumberejo Pekon Sumbermulyo Dusun Sailing,” terangnya.

Adapun Didiet Maulana, menyampaikan apresiasi kepada Dekranasda Lampung, yang telah memberikan perhatian kepada para pengrajin pemilik UMKM sampai pendampingan, dan promosi berikut mempersiapkan marketing.

“Saya berpesan kepada pelaku pengrajin maupun UMKM jangan sampai menyerah. Kalau misalnya ada hasil yang tidak sesuai yang diharapkan itu adalah kerikil disepanjang jalan. Jadi itu hal yang biasa bagi para pelaku UMKM, ada pasang dan surut, tapi yang tidak pernah hilang itu adalah semangat kita dengan terus berkarya, berinovasi dan berusaha,” tandasnya. (Yuliar)

Must Read

Related News

LaNyalla Minta Pemerintah Segera Tangani Banjir Rob di Pesisir Utara Jawa

SURABAYA - Suaraindonesia1, Fenomena banjir rob yang menerjang pesisir wilayah utara Pulau Jawa memantik perhatian Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Ia meminta...

LaNyalla Dukung Keris Desa Wisata Aeng Tong-tong Jadi Souvenir KTT G20

  SURABAYA - Suaraindonesia1, Rencana Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadikan keris asal Desa Wisata Aeng Tong-tong, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, sebagai souvenir Konferensi Tingkat...

BAP DPD RI Tindak Lanjut Pengaduan Pekerja Jaringan Irigasi Desa

  JAKARTA-Suaraindonesia1, Badan Akuntabilitas Publik (BAP) DPD RI menindaklanjuti pengaduan masyarakat yang tergabung dalam 26 Tim Merah Putih. Hal tersebut perihal permohonan keadilan atas permasalahan...

Ketidakadilan Penegak Hukum Bagi Masyarakat Kecil.

    Oleh_Siti Melani Kantohe Mahasiswa_Fakultas Hukum Unika De La Salle Manado Bolmut, Suaraindonesia1- Di dalam suatu kelompok masyarakat, terjadi hubungan – hubungan satu sama lain yang mana...

KPU Dituntut Setarakan Lembaga Tinggi Negara pada Pemilu 2024, Termasuk Penomoran Calon Anggota DPD

  Jakarta - Suaraindonesia1, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menuntut kesetaraan dalam Pemilu serentak yang akan diselenggarapan pada 2024 mendatang. Sebagai lembaga tinggi negara, perlakuannya...

Minta Masyarakat Waspada, Sultan: Banjir Rob Adalah Ancaman Nyata Perubahan Iklim

  Jakarta - Suaraindonesia1, Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin meminta masyarakat pesisir Indonesia untuk mewaspadai ancaman banjir rob yang terjadi...

Raker dengan KPU dan Bawaslu, Senator DPD RI Fernando Sinaga Desak Penyusunan PKPU Dipercepat

  Jakarta – Suaraindonesia1, Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggelar Raker dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum...

Guna Mengoptimalkan Pembangunan Sumbar, Ketua DPRD dan Gubernur Bertemu Perantau

  PADANG- Suaraindonesia1, Bahas sejumlah isu strategis untuk mengoptimalkan pembangunan daerah, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi beserta Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansarullah, adakan pertemuan...

LaNyalla: Harga Bahan Pokok Tak Stabil di Surabaya Ganggu Roda Perekonomian

  SURABAYA - Suaraindonesia1, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memberikan perhatian terhadap harga sejumlah bahan pokok di Surabaya, Jawa Timur, yang sangat fluktuatif. LaNyalla...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.