Tertunda Karena Covid-19, Bupati Pohuwato Akhirnya Hadiri Haul Guru Tua

34
Bupati
Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga saat mengikuti jalannya Haul Guru Tua (Foto: Suaraindonesia1/Hms)
Suaraindonwaia1, Pohuwato – Sempat tertunda dua tahun lamanya karena Pandemi Covid-19. Kini Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga bisa menhadiri Haul Guru Tua, Assayyid Alhabib Idrus Bin Salim Aljufri ke-54.

Bertempat di kompleks Alkhaerat Pusat, Bupati Saipul didampingi oleh Wakil Ketua DPRD, Idris Kaji, Sabtu (14/05/2022).

Dikonfirmasi usai mengikuti haul. Bupati Saipul menjelaskan bahwa peringatan haul Assayyid Alhabib Idrus Bin Salim Aljufri atau yang dikenal dengan Guru Tua yang ke-54 tahun ini adalah untuk mencontohi apa yang pernah diajarkan beliau.

Bupati
Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga didampingi oleh Wakil Ketua DPRD, Idirs Kadji (Foto: Suaraindonesia1/Hms

“Ini adalah momentum yang tepat sekali untuk menghormati, mengenang dan mengusaha kembali, mencontohi keteladan-keteladan yang telah diwariskan guru tua kepada keluarga, murid-muridnya dan juga kepada seluruh abnaul khairaat yang tersebar di muka bumi,” ujar Saipul.

Oleh karena itu, haul bukan semata-semata tradisi keagamaan belaka dalam konteks memperingati riwayat perjuangan seorang tokoh agama terkemuka di suatu daerah atau wilayah dalam hal ini sosok guru tua yang berperan menyiarkan islam di Indonesia khususnya di wilayah timur Indonesia.

“Akan tetapi haul guru tua antara lain bertujuan mengenang jasa-jasa perjuangan dan dakwahnya,” ucap Saipul.

Ia menambahkan bahwa haul ini juga adalah kesempatan langkah dalam mempertemukan para umarah, para ulamah dan umat islam di penjuru negeri termasuk umat islam yang ada di Kabupaten Pohuwato, dan setiap pelaksanaan haul ratusan bahkan sampai seribuan umat islam dari Pohuwato datang untuk menghadiri haul dari pada guru tua tersebut.

“Karena sudah dua tahun tidak dilaksanakan karena Pandemi Covid, maka peringatan haul tahun ini di banjiri masyarakat dari penjuru nusantara termasuk dari Kabupaten Pohuwato. Untuk itu haul saat ini adalah sebuah kerinduan besar dari umat islam karena selama dua tahun tidak dilaksanakan,” tutupnya. (Abd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.