Exclusive Content:

Dharma Bhakti TMMD Wujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah

Dengan mengusung Dharma Bhakti  TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di...

Wartawan Luak Limopuluah ” Todong” Wahyudi Thamrin Ikuti Konstetasi Pilwako Payakumbuh 2024- 2029

Wartawan Luak Limopuluah pantas acungkan jempol atas kemunculan Wahyudi...

Silent Majority, Dirty Vote & Parodi Politik

Perhelatan politik Pemilu 2024 dengan segala dinamika dan atmosfirnya...
BerandaDAERAHUntuk Hilangkan Traumatik Gempa, Posko Kemanusiaan BIN Giatkan Trauma Healing

Untuk Hilangkan Traumatik Gempa, Posko Kemanusiaan BIN Giatkan Trauma Healing

Author

Date

Category

 

Cianjur – Suaraindonesia1, Pasca gempa bumi berkekuatan 5,6 Magnitudo yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, beberapa waktu lalu, gempa susulan masih dirasakan oleh masyarakat. Gempa bumi susulan berkekuatan magnitudo 2,8 kembali mengguncang wilayah Cianjur dan sekitarnya pada Sabtu (26/11) dini hari.

Efek gempa tidak hanya menyebabkan kerusakan pada bangunan, tetapi juga menimbulkan korban jiwa serta trauma bagi warga Kabupaten Cianjur, trauma ini tidak hanya di alami oleh orang dewasa, namun juga anak-anak.gempa

Untuk menghilangkan trauma yang di alami warga korban gempa, Posko Kemanusiaan BIN berkolaborasi dengan Mojang Jajaka memberikan treatment trauma healing yang kali ini di fokuskan kepada anak-anak yang terdampak gempa, bertempat di Posko BIN di Desa Ceherang, Kecamatan Pacet, Sabtu (26/11).

Baca: Mengarah Kelegalitas IPR, Ini Hasil Diskusi APRI, LMA dan Pemilik Hak Ulayat

Fasilitator Mojang Jajaka, Dewi mengatakan, rasa traumatik anak perlu dihilangkan secara bertahap. Hal ini dikarenakan mereka belum mampu mengontrol emosi dan pikiran mereka, di tambah lagi gempa susulan yang masih terus terjadi.Gempa

“Anak-anak sangat rentan terhadap trauma, sehingga perlu kita bangun kembali rasa percaya diri mereka,” ujar Dewi melalui keterangannya, Minggu (27/11).

Trauma healing dilakukan dengan beragam permainan menarik, bernyanyi bersama hingga belajar untuk saling berkomunikasi. Anak-anak diajak untuk mengelola emosi secara positif sehingga dampak negatif traumatik dapat dihilangkan.Gempa

Terlihat anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Untuk itu, trauma healing perlu terus dilakukan agar dapat mendorong pemulihan bagi para korban, khususnya anak-anak agar tidak menjadi trauma berkepanjangan yang mempengaruhi tumbuh kembangnya. (Red).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Recent comments