Wabup Suharsi Hadiri Pengukuhan Dekranasda Pohuwato

128
Wabup
Wabup Suharsi Igirisa saat menyampaikan sambutan (Foto: Suaraindonesia1/Hms)
Suaraindonesia1, Pohuwato – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Pohuwato, Suharsi Igirisa menghadiri pengukuhan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pohuwato Masa Bakti 2021 – 2024, bertempat Rumah Jabatan Bupati Pohuwato, Selasa (13/09/2022).

Selain Wabup Pohuwato, turut hadir dalam pengukuhan ini penjabat Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo, drg. Gamaria Purnamawati Monoarfa, SP.,KGA.

Wabup
Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa (Foto: Suaraindonesia1/Hms)

Dalam sambutannya, Wabup Suharsi menjelaskan Dekranasda Kabupaten Pohuwato memiliki tugas besar dalam menggali, melestarikan, membina, dan mendorong potensi pengrajin agar mampu berdaya saing, sehingga pada akhirnya akan memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah yang bermuara pada kesejahteraan rakyat.

“Sebagai mitra strategis pemerintah dalam pembangunan, saya mengajak Dekranasda Kabupaten Pohuwato untuk menyelaraskan program kerjanya sesuai visi misi dan program pembangunan Kabupaten Pohuwato dengan memaksimalkan potensi kerajinan daerah termasuk menjalin kerja sama dengan semua pihak,” ujar Suharsi.

Lebih jauh ia berharap agar para pengurus yang dikukuhkan supaya dapat bekerja sesuai tugas dan fungsi masing-masing agar terwujudnya pembangunan yang nyata di Kabupaten Pohuwato.

Wabup
Pengukuhan pengurus Dekranasda Kabupaten Pohuwato (Foto: Suaraindonesia1/Hms)

“Harapan saya akan peran Dekranasda dalam pembangunan di bumi panua ini benar terwujud. Kepada ASN yang turut dilantik menjadi pengurus dekranasda agar dapat mensinergikan kegiatan maupun program kerja dengan mangakomodir dan memfasilitasi program kerja yang ada di dekranasda sesuai tugas dan fungsi masing masing,” harap Suharsi.

Tak lupa kepada perwakilan Dinas Perindagkop dan UKM, Wabup Suharsi menyampaikan agar dapat memberikan ruang dan peran kepada Dekranasda untuk turut memaksimalkan galeri Dekranasda sebagai pusat sentra promosi kerajinan daerah yang ada di seluruh kecamatan di Kabupaten Pohuwato dengan satu kecamatan satu produk.

“Kedepan Dekranasda sebagai salah satu wadah yang membina para pelaku usaha kecil menengah maupun industri kecil menengah khusus di bidang kerajinan untuk dapat berkreatif dan berimprovisasi mengembangkan barbagai macam produk dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” terangnya.

Sementara itu, penjabat Ketua Dekranasda Provinsi, Gorontalo, drg. Gamaria Purnamawati Monoarfa, SP.,KGA, dalam sambutannya memaparkan tujuan dari terbentuknya Organisasi Dekranasda serta menyampaikan beberapa harapannya kepada pengurus yang baru saja dikukuhkan.

“Dekranasda adalah organisasi independen dan nirlaba yang bertujuan melestarikan dan mengembangkan warisan budaya pembinaan dan pengembangan produk kerajinan yang pada gilirannya dapat mengangkat harkat, martabat dan taraf hidup kesejahteraan para perajin,” papar Gamaria.

“Kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Pohuwato yang baru dilantik. Saya harap ibu Ketua bersama jajaran pengurus segera menyusun program kegiatan periode 2021-2024. Sinergitas dan koordinasi antara Dekranas, Dekranasda provinsi dan kabupaten kota sangat perlu dilakukan agar hasil pembinaan kepada perajin dapat maksimal,” pungkasnya. (Abd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.