Wakil WaliKota Palopo ; Pertunjukan Pentas Tarian Caci Manggarai Menjadi Peluang menghantar budaya lokal di pentas Internasional.

364

 

Palopo SUARAINDONESIA1 – Kerukunan Keluarga Manggarai Barat Palopo (KKMB-P) menggelar kegiatan Pentas Budaya Tarian Caci Manggarai dalam rangka memperingati hari jadi kota Palopo pada hari Minggu , 03 Juli 2022.

Ketua Panitia Pentas Budaya Tarian Caci Manggarai-Palopo, Thomas Didimus Jaya, biasa disapa Tomi menutur, kegiatan ini untuk kedua kalinya dilakukan di kota palopo yang diadakan oleh Kerukunan Keluarga Manggarai Barat-Palopo (KKMB-P).pentas

Dikatakan Tomi, bahwa pentas tarian caci budaya manggarai menjadi peluang untuk menghantar budaya lokal di pentas internasional tanpa harus kehilangan identitasnya.

Baca: Klarifikasi Lengkap Oknum Anggota Polisi Yang Diduga Ikut Lakukan Pengeroyokan

Sedangkan Ketua umum Kerukunan keluarga manggarai barat-palopo (KKMB-P) Paskalis Jebarus, S.H Menuturkan budaya lokal Manggarai bisa kehilangan identitasnya dan bahkan warna budaya itu sendiri akan luntur apabila kita sebagai masyarakat Manggarai tidak mendalam soal sejarahnya dan akan terbawa arus globalisasi tanpa bisa mempertahankan identitas khas budaya yang kita miliki,” ujar ketua Umum dalam sambutan.pentas

Ia pun meminta agar budaya Manggarai harus tetap berdiri kokoh dengan keaslian identitasnya yang syarat nilai kehidupan.

“Saya berharap, keanekaragaman budaya Manggarai ini semakin dikenal luas tidak hanya oleh masyarakat Manggarai sendiri tetapi orang luar Manggarai pun bisa menikmati kemeriahan dan keunikannya, seperti tarian caci, dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan yang sama juga, Wakil Walikota Palopo, Dr. Ir. H. Rahmat Masri Bandaso,.M.Si, menyampaikan ucapan rasa bangganya atas kegiatan Pentas Budaya Tarian Caci Manggarai diselenggarakan.

“Sangat bangga, karena kegiatan ini sudah dua kali diadakan di kota Palopo. Dan saya ambil bagian dan menyaksikan langsung kegiatan ini,” ucap Wakil Walikota Palopo itu

Ia berharap kegiatan ini mesti terus kita adakan, karena ini sangat penting untuk sebuah penghormatan kepada budaya kita masing-masing tentunya.

Dan dirinya juga sangat mengapresiasi kerja keras panita yang menyukseskan kegiatan ini.

Akhir sambutannya, ia sampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Keluarga Besar Kerukunan Keluarga Manggarai Barat- Palopo.

Selesai sambutannya, Wakil Walikota Palopo itu membuka acara kegiatan Pentas Budaya Tarian Caci Manggarai secara resmi.

Penulis : carles marsoni
Sumber berita ; Cemyk Lelang kota Palopo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.