Exclusive Content:

Ruas: Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor Cocok

Masih menjadi teka-teki dari para sosok yang mencalonkan diri,...

Meutia F. Hatta: Amanahkan Safni Sikumbang Untuk ”Bangkik Batang Tarandam” di Limapuluh kota.

Putri Proklamator, Prof Dr Meutia Farida Hatta tegaskan, agar...

Ipda Robby: Keutamaan Mohon Ampunan Allah Swt

Kapolsek Sungai Rumbai Polres Mukomuko Polda Bengkulu, Ipda Robby...
BerandaDAERAHLima Puluh KotaWarga Dorong Dasmon Dt Rangkayo Bosa ke DPRD Kabupaten 50 Kota

Warga Dorong Dasmon Dt Rangkayo Bosa ke DPRD Kabupaten 50 Kota

Author

Date

Category

Pergaulan Dasmon dari kecil dan saat remaja, selalu didahulukan selangkah dan ditinggikan seranting dalam masyarakat. Beliau dulu ketua pemuda, di Jorong Air Putih. Karena Dasmon memiliki sifat kepemimpinan  yang baik, ia pun dipilih masyarakat menjadi Kepala Desa Talago.

Rimbodata PangkalanI Kabasumbar.net –Suatu malam, sejumlah Awak media singgah makan di rumah makan Si Bur milik Dasmon. Letaknya di bilangan Tanjung Pauh Kec. Pangkalan di Wilayah perbatasan Kabupaten Limapuluh-Kota (Sumbar ) – Riau, belum lama ini.

Penampakan Rumah makan Dasmon itu, biasa-biasa saja dan sederhana. Di dalamnya, meja makan dan kursi plastik, juga biasa biasa juga. Seeorang lelaki baya,berbaju kaos oblong, menghampiri meja yang diduduki awak media dan berkata: “maaf.. samba ( lauk pauk ) tidak punya pilihan lain lagi, katanya. Sebab bapak-bapak datang sudah larut.” tambahnya dengan ekspresi wajah memohon maaf.

Salah seorang awak media melihat jam di arloji tangannya seraya berucap ke teman sebelahnya, masih sore ! masih pukul 19.00 Wib ! Kenapa dibilang sudah larut ? . belum rezeki kita untuk makan enak di sini, jawab yang di tanya.

Dengan tatingan “samba” ( lauk pauk) seadanya – lebih tepatnya kurang memadai untuk sajian sebuah rumah makan, para awak media menyantap hidangan yang apa adanya itu.

Ternyata, kekecewan para awak media, terobati. Keringat, sebagai penanda nikmatnya makan, mulai    membersit dari wajah masing-masing. Udara malam yang dingin di Tanjung pauh yang dikelilingi perbukitan itu, bagai tak mampu memoles keringat nikamatnya sesudah makan.

Dasmon
Dasmon dan Muliadi, Pimpinan Umum Suara Indonesia

Saat hendak membayar makan, lelaki yang menghidangkan itu, menolak dengan sungguh uang yang kami sodorkan, seraya bekata, “mohon maaf, karena kami tidak bisa menyajikan sebagaimana yang di harapkan.

Lelaki itu, kemudian kami kenal dengan nama panggilan, Dasmon. Dia juga ternyata seorang penghulu dan pernah menjabat  Kepala Desa Talago.

Keramahan dan rendah hati itulah kiranya Dasmon diharapkan masyarakat Tanjung Bolik Rimbodata untuk mewakili mereka di DPRD Kabupaten Limapuluh-Kota.

Bagai satu komando, sejumlah belasan warga tanjung bolik menyebut nama Dasmon. Dasmon Dt Rangkayo Bosa, jawab mereka, ketika ditanya, siapa yang akan didukung untuk calon anggota DPRD kabupaten pada Pileg 2024 akan datang.

Di sela kesibukannya, Pengusaha muda yang juga seorang Ninik Mamak ini, tidak lupa tersenyum ramah pada pelanggannya. Karena sifat santun telah merupakan suatu cerminan dalam kesehariannya. Sebab disamping dia pebisnis yang alim, jiwa kepemimpinan juga sudah mengakar dalam kehidupannya. Karena dia Mantan kepala Desa.

“Dalam pergaulan dari kecil dan saat Lajang, Dasmon Dt Rangkayo Bosa selalu didahulukan selangkah dan ditinggikan seranting dalam masyarakat. Beliau dulu ketua pemuda, di Jorong Air Putih. Kemudian karena sifat kepemimpinannya yang baik, Dasmon dipilih masyarakat menjadi Kepala Desa Talago.

Tertarik akan sikap prilaku Dasmon, sebagai mana yang dituturkan sejumlah masyarakat setempat, Awak media ini mencoba menakar kebenaran ucapan warga itu, kepada Seikh Mulia di Ketinggian.

Ulama Nagari Ketinggian Kecamatan Harau, itu membenarkan,bahwa Dasmon sangat layak dan kredibel untuk menjadi wakil rakyat di DPRD.

Menurut Ulama yang penya murid puluhan ribu di Nusantara ini, berkisah bahwa Sejak kecil ia telah mengenal karakter kepemimpinannya.  Dasmon, dike Syeikh sebagai orang yang selalu peduli terhadap masyarakat.

Apalagi selaku penghulu ( datuk ) sekarang dia juga menjadi “Suluh Bendang dalam aigari”. Pemilik rumahmakan “Si Bur” ia merupakan  Ninik mamak, yang sangat dicintai dan dihormati anak kemenakan dan masyarakat kampungnya.” tutur Syeikh Mulia di Ketinggian, yang juga salah seorang tokoh Nahdatul Ulama Limapuluh Kota.

Sejak Dasmon Dt Rangkayo Bosa menjadi warga masyarakat Rimbo Data, karena menikahI Ed, gadis pilihannya,  Masyarakat kedua Nagari yakni Tanjung Bolik dan Tanjung Pauh, Merasa sangat terbantu. “Rang Sumando Ninik Mamak ini sangat pandai beradaptasi dengan segala lapisan masyarakat di kedua nagari ini.”Ungkap Dt Paduko Malin pemuka masyarakat Tanjung Bolik.

Hal ini dibenarkan oleh Revi Alberto (40), Ketua Pemuda Nagari Tanjung Pauh. “Dasmon Dt Rangkayo Bosa ini sosok pemimpin masa depan bagi kami Masyarakat Rimbo Data. Jiwa sosialnya sangat tinggi, baik kepada orang yang kurang mampu, anak yatim dan kegiatan sosial lainnya.

Buktinya sudah bertahun tahun setiap hari Jumat Dasmon selalu memberi makan anak yatim. Bukan hanya di Nagari Tanjung Pauh. Juga buat anak yatim di Nagari tetangga yakni Nagari Tanjung Bolik.” ungkap Revi Ketua pemuda Tanjung Pauh.

Kami masyarakat dua nagari ini telah bertekad. Pemilu tahun 2024 ini, akan hantarkan Sumando kami ini ke Bukit Limau sebagai anggota DPRD Limapuluh Kota dari Partai Persatuan Pembanguanan.(PPP), ungkap Ketua pemuda yang simpatik ini.

Rizki malin Mudo (43), Salah seorang Ninik mamak Nagari Tanjung Bolik menilai. “Jiwa kepemimpinan Datuk ini sudah terbukti. Setiap kegiatan kemasyarakatan beliau tidak pernah ketinggalan membantu. Baik berupa dana maupun tenaga.

Sudah selayaknya kita mendukung dan memilihnya menjadi wakil kita ke Parelemen. Karena loyalitasnya adalah keikhlasan, bukan pencitraan yang bertabur janji janji” tutupnya Rizki Malin Mudo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Recent comments