Yayasan Bahtraku Sinergikan Terjemahan Alkitab Ke Dalam Bahasa Daerah Di Kabupaten Kepulauan Yapen.

 

Yapen Waropen-Suaraindonesia1. Id.
Yayasan Bahasa Transformasi Suku (BAHTRAKU) Indonesia yang bergerak dalam pelayanan terjemahan Alkitab kedalam bahasa suku, siap sinergikan program kerja bersama gereja dan pemerintah di kabupaten Kepulauan Yapen.

Yayasan BAHTRAKU adalah yayasan nasional yang bergerak dalam misi pelayanan terjemahan Alkitab kedalam bahasa suku, terbagi menjadi 3 bagian, bagian barat berkantor cabang di Sumatra, bagian tengah sebagai kantor pusat di Manado dan bagian timur di Sentani, kabupaten Jayapura, Kami telah bekerja di puluhan suku bahasa di Papua, di Yapen Bahtraku masuk sejak tahun 2019, melayani hingga tahun 2022 ini Bahtraku telah mendampingi bahasa Kurudu, Wabo, Saweru, Aruisai, Busami, Papuma, Marau, Wooi, Woinap, Poom, Serewen dan Munggui dan kami akan terus membuka pendampingan ke bahasa-bahasa lain di Yapen untuk terjemahan Alkitab kedalam bahasa daerah mereka” Papar Mark Imbiri, koordinator Bahtraku wilayah Saireri.Bahtraku yayasan,

Kepada wartawan, Imbiri menyampaikan bahwa pertemuan hari ini (kamis, 7 April 2022) dirumah jabatan Bupati Yapen adalah awal komunikasi dan sinergikan program pendampingan bersama Bahtraku.

Baca: Pemuda Desa Losseng Lestarikan Tradisi Gendang Sahur

“Puji Tuhan hari ini kami dapat bertemu langsung dengan Bupati, ini jalan Tuhan untuk kami sinergikan dan pemantapan program kerja agar ada keterlibatan pemerintah daerah dalam pelayanan. Gereja sudah siapkan sumberdaya manusia, kami Bahtraku dukung dengan metode dan peralatan teknologi, sekarang pemerintah siap sinergi agar dapat membantu pelayanan baik ini, dan puji Tuhan mendapat respon baik sekali dari Bupati”. Ucapnya Imbiri.Bahtraku

Ditempat yang sama, pendeta David.  direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Bahtraku menyampaikan, Bahtraku sangat berterima kasih untuk kesempatan hari ini dapat bertemu langsung dengan Bupati Yapen.

“Bahtraku mempunyai visi ‘membawah damai sejahtra bagi setiap suku’, hal inilah yang membuat kami diberkati dan tetap melayani. Puji Tuhan di Papua dan Papua Barat kami sudah menjangkau banyak suku bahasa untuk terjemahan Alkitab bahasa mereka, di wilayah Saireri sudah 20 bahasa yang kami layani dan kami akan terus membuka pelayanan kepada bahasa, dialeg tapi juga kepada bahasa-bahasa yang ingin mempunyai kitab perjanjian lama atau perjanjian baru guna kelanjutan terjemahan yang sudah terdahulu, kami siap melayani, Sesuai dengan misi Bahtraku ; melibatkan masyarakat, memberdayakan masyarakat dan gereja, dan memperlengkapi setiap orang percaya agar secepatnya ada Alkitab dalam setiap suku”. Jelasnya Pdt. David mewakili Direktur Nasional Bahtraku.

Kunjungan kerja Yayasan Bahtraku dari Manado ini disambut baik oleh Bupati kabupaten kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos dirumah jabatan. Bupati sangat mengapresiasi pelayanan Bahtraku yang telah bekerja melibatkan masyarakat adat, gereja dan juga pemerintah, kiranya apa yang telah dikerjakan Bahtraku di Yapen akan dikoordinasikan lagi, agar apa yang dapat didukung oleh pemerintah daerah akan didukung secara bersama-sama, bertanggungjawab dan berkesinambungan agar bahasa daerah tidak punah, serta firman Tuhan semakin dekat dengan hari jemaat karena disajikan dengan bahasa daerah mereka sendiri.

“Pada prinsipnya kami selaku pemerintah daerah merespon positif proses penerjemahan Alkitab ke dalam bahasa-bahasa daerah yang ada di kabupaten kepulauan Yapen ini, apa yang kami dapat dukung, kami akan dukung, ini formasi yang baik sekali karena kolaborasi masyarakat Adat, Agama dan Pemerintah menjadi formasi yang kuat untuk terwujudnya Alkitab dalam bahasa daerah yang ada. Kami pemerintah sangat berharap keaktifan dan peran masyarakat dalam gereja dapat terjalin baik untuk perlindungan dan kelestarian bahasa” Tutupnya Bupati Yapen yang diakhiri dengan jamuan kasih makan siang bersama tim Bahtraku. (Mr)

Must Read

Related News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.