Menjelang Natal  Kue Kering Marak Di Pasar Rakyat

 

Bitung – Suaraindonesia1, Kue kering menjadi salah satu ciri khas dagangan menjelang hari raya agama kristen Natal di Sulawesi Utara. Produk kuliner yang identik dengan perayaan hari Natal tersebut, mulai marak dijajakan dipasar rakyat.

Seperti yang terpantau di pasar pasar dikota Bitung. Dipasar Cita Kanopi Pusat Kota. Aktivitas pedagang menampilkan berbagai model kue kering menghiasi jalur utama pusat kota.

Kue

Puluhan lapak mobil dipajang berbagai model dan tipe kue kering. Sebagian besar kami datang dari Gorontalo, khusus menjual kue kering di pasar kota Bitung.

Sebab menjelang hari natal pasti dagangan kami akan diminati”. Demikian Yunus Pou menjelaskan, ketika ditanyakan darimana asal dagangannya.

Baca: Pengukuhan Sultan Ternate ke- 49 Penuh Rekayasa Seolah di Paksakan !

 

Menurutnya di Gorontalo terdapat dua pabrik kue kering yakni sari rasa dan sama rasa. Dari sanalah pedagang musiman memborong, dan menjajakan ke kota2 yang berpenduduk mayoritas merayakan natal.

Kue

Dagangan kue kering bervariasi. Hasan Sonu pedagang kue kering dipasar Winenet menjelaskan, favorit adalah kue Spekulas, rambutan coklat, tosca, gula kenari, kue macis, kacang fernis dan fantasi.

Tipe kue kering ini yang meningkatkan omset. “Setiap hari omset sekitar 1 sampai 2 juta rupiah”. Terang Hasan.

Biasanya omset akan meningkat menjelang natal tanggal 25 desember. “bisa sampai 5 atau 6 jutaan per hari” katanya.

Kue kering dipasar tidak hanya dari luar kota. Ada juga yang diproduksi secara lokal oleh pedagang. Nurmelinda pedagang dipasar Winenet menjelaskan, produksi sendiri akan membuat harga lebih murah.

“jika dari luar kota harga mencapai 170 hingga 200 ribu per toples, maka harga kue lokal hanya 150 ribu atau lebih murah”Tegasnya.

Namun dilain sisi Nurmelinda mengakui harga kue tahun ini meningkat tajam, dibandingkan beberapa tahun lalu.

“Minyak kelapa, tepung bahkan bumbu kue sudah sangat mahal. Akibatnya keuntungan pedagang menjadi kecil” katanya.

Nurmelinda berharap bahwa kelangkaan beberapa bahan kue seperti minyak kelapa tidak terjadi lagi. Agar pedagang lokal lebih mudah bersaing dengan produk luar kota.

(Aten SK)

- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -

Related News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.