Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Mahyudin Ajak Bangsa Indonesia Bersatu Hadapi Berbagai Tantangan

93
Buya

 

Jakarta – Suaraindonesia1, Wakil Ketua DPD RI Mahyudin, mengajak seluruh anak bangsa mengambil inspirasi peringatan hari kebangkitan nasional (Harkitnas) 2022 dengan memperkuat persatuan. Sehingga akan mampu bangkit bersama dalam menghadapi berbagai tantangan.

Mahyudin menjelaskan, bahwa semangat Budi Utomo masih relevan untuk kehidupan berbangsa saat ini. Apalagi saat ini Indonesia tengah menghadapi berbagai tantangan, terutama pandemi covid-19, dan terjadinya perang antara Ukraina dan Rusia yang berdampak pada memburuknya perekonomian global.Mahyudin

“Kita harus bisa memaknai peringatan hari kebangkitan nasional 2022 ini, dengan memperkuat persatuan bangsa. Agar sebagai bangsa kita mudah menghadapi berbagai tantangan, seperti pandemi Covid-19 dan dampak perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina,” katanya, dalam keterangan tertulis, Minggu (22/5/2022).

Baca: Presiden Minta Masyarakat Berhemat, Sultan Minta Pemerintah Tunda Bangun IKN

Dalam penanganan Covid-19 di tingkat nasional, kata Mahyudin, bangsa Indonesia harus bersyukur karena telah menunjukkan hasil yang positif. Hal itu ditunjukkan dengan makin melandainya kasus baru harian Covid-19 dan total kasus aktif Covid-19 yang sudah makin sedikit.

“Penanganan Covid-19 yang membaik akan berdampak pada kembalinya aktivitas masyarakat secara normal dan mendorong pemulihan perekonomian nasional. Maka diharapkan perekonomian nasionak dan daerah dapat bergeliat kembali dan lapangan usaha kembali tumbuh positif,” katanya.

Momentum peringatan hari kebangkitan nasional ini, menurut senator asal dapil Kaltim ini, diharapkan juga mampu meningkatkan peran Indonesia di level global, sebagai Presidensi G20 2022 yang mengusung tema ‘Recover Together, Recover Stronger’. Sehingga dapat memberikan semangat baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang memberikan kesejahteraan dan kemakmuran inklusif, serta menjamin kehidupan di masa depan.

“Mari kita bersama memaknai semangat kebangkitan nasional ini, untuk bangkit dari berbagai tantangan yang bangsa ini hadapi. Sekaligus mampu meningatkan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 2022 dalam mewujudkan tatanan global yang menjanjikan kesejahteraan dan kemakmuran inklusif,” katanya.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114 ini membawa tema ‘Ayo Bangkit Bersama’. Harkitnas dirayakan untuk memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, pemerintah mengajak masyarakat menelaah sisi sejarah di balik peringatan tersebut. Pada 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahir perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.